Berlangganan

Resep Bolu Sarang Semut Ala Rumahan. Cocok Untuk Semua Usia 👍



Bolu sarang semut merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sudah lama ada dan masih saja banyak diminati sampai sekarang. Bentuk tampilan, aroma, dan warna dari bolu sarang semut ini memang sangat menggoda selera banyak orang. Enggak heran kalau banyak orang yang suka sekali dengan jajanan khas Indonesia ini.

Kalau dilihat ada warna coklat tapi agak kehitaman pada bolu sarang semut sebenarnya berasal dari gula pasir yang dipanaskan dan jadi karamel. Kalau di daerah Pulau Sumatera menyebut bolu sarang semut sebagai bika karamel. Sekalipun begitu tapi rasanya memang sama dan bisa menggugah lidah. Resep bolu sarang semut sebenarnya udah dari dulu ada dan banyak dikembangkan pada jaman sekarang.

Menyajikan bolu sarang semut untuk kumpul keluarga ataupun sajian ketika lebaran memang jadi hal yang sangat pantas. Bukan cuma itu, tapi bolu sarang semut ini juga sering disajikan ketika ada acara hajatan di rumah. Banyak sekali peminat dari bolu sarang semut sekalipun belakangan ini semakin tergeser dengan beberapa bolu terbaru yang semakin modern. Nah, Bunda Bisa kok coba bikin bolu sarang semut sendiri di rumah untuk sajian keluarga ataupun para tamu. Bikin sendiri bisa jauh lebih irit dan suaranya juga bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda loh. Pasti akan terasa spesial kalau dibikin sendiri di rumah. Apalagi resep bolu sarang semut bukan sesuatu hal yang susah buat dibikin.

Bahan-bahan yang digunakan buat bikin bolu sarang semut sebenarnya sangat mudah didapatkan di sekitar kita kok Bunda. Langkah yang dibikin juga enggak terlalu susah jadi akan memudahkan Bunda. Camilan yang satu ini juga cocok untuk semua usia loh. Berikut ini bahan dan langkah yang bisa benda coba buat bikin resep bolu sarang semut sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 500 gr gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 5 butir telur
  • 150 gr terigu (saya pakai terigu serba guna)
  • 150 gr tapioka / sagu (saya pakai sagu merk “al*ni”)
  • 200 ml susu kental manis
  • 200 gr butter, cairkan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue

Langkah Membuat

1. Siapkan semua bahan


2. Campur tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan baking soda/soda kue. Ayak. Sisihkan.


3. Buat caramel: panaskan gula pasir diatas wajan, (saya pakai panci) dengan api kecil. jangan di aduk, biarkan saja sampai meleleh semua, tuang air panas pelan-pelan saja, aduk sampai gula larut. Matikan api. tunggu sampai dingin


4. Campur telur dan SKM (susu kental manis)


5. Aduk rata dengan ballon whisk


6. Masukkan campuran tepung kedalam adonan telur bergantian dengan caramel tadi sampai habis, aduk rata


7. Tambahkan butter/mentega cair. Aduk rata. Saring adonan.


8. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung.(saya memakai loyang tulban 24). Panggang sampai matang, Saya panggang selama 45 menit suhu 175 derajat, pakai api atas bawah (saya memakai api bawah saja, karena oven sy tidak ada api atasnya)


9. Angkat, keluarkan dari loyang. Tunggu dingin baru dipotong.


10. Beneran mirip sarang semut


Nah, itu dia Bunda beberapa bahan dan langkah buat bikin resep bolu sarang semut sendiri di rumah. Enggak terlalu ribet buat dibikinkan?, takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan selera Bunda ya. Jadi bahannya bisa ditambah ataupun dikurangi agar rasanya jauh lebih enak. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber