Berlangganan

Rempeyek Daun Pepaya Jepang. Enak dan Nggak Pahit!



Daun pepaya kan rasanya pahit, getir gitu ya. Jangan salah daun pepaya jepang rasa yang dihasilkan tak sepahit kalo dibanding dengan daun pepaya jawa. rasanya lebih enak jadi bisa di sulap jadi cemilan yang enak sekaligus sehat loh, rasanya Kresss - kress dan guriiih. Mau coba membuatnya? Gampang aja kok cara membuatnya, bahan - bahan yang dibutuhkan pun ngga susah untuk didapatkan.

Rempeyek Daun Pepaya Jepang ala bunda Indry Hapsari, asoooy bangett. Tak usah kwatir untuk mencobanya, biasanya yang pernah membuat rempeyek sayur bayam, rempeyek kacang hijauu, rempeyek teri, ataupun rempeyek kacang tanah. Kini tak ada salahnya kalo mencoba resep satu ini.

Oh ya, udah tahu kan ya bentuk daun pepaya jepang, daunnya tidak sebesar daun pepaya jawa dan mungkin kalo mencarinya di pasar tradisional belum banyak dijual daun pepaya jepang ini, tapi kalo di supermarket sudah banyak dijual. Jadi yang ingin membuatnya di rumah bisa dengan mudah untuk menemukannya.

Daun pepaya jepang ini khasiatnya juga ngga beda dengan daun pepaya jawa loh, bisa digunakan untuk bahan dasar membuat jamu juga, biasanya untuk membuat jamu “uyup - uyup” biasa wanita yang baru saja melahirkan dan menyusui mengkonsumsinya karena di percaya bisa memperlancar Air Susu Ibu dan rasa ASI akan jadi jauh lebih enak dan gurih.

Hmmmm... daripada berpanjang lebar cerita, lebih baik langsung aja kembali ke resep Rempeyek Daun Pepaya Jepang nya, silahkan simak bahan - bahan dan tahap - tahap pembuatannya

Bahan - bahan :

  • Secukupnya daun pepaya jepang, cuci bersih, tiriskan
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 2 sdm penuh santan kental (saya pakai kara)
  • secukupnya air dingin
  • secukupnya garam dan kaldu bubuk jamur

Bumbu yang dihaluskan :

  • 1 siung bawang merah ukuran besar
  • 2 siung bawang putih ukuran besar
  • 1 sdt peres ketumbar (sangrai)
  • 1 butir kemiri (sangrai/goreng)

Note : ini porsi kecil ya, kalo mau banyak doublein aja resepnya

Langkah-langkah :

1. Campur tepung tapioka, bumbu halus dan secukupnya air, jangan kental tapi jangan encer juga ya, diantaranya


2. Panaskan minyak, lalu kecilkan api, celup daun kedalam adonan sampai adonan menempel rata diseluruh permukaan daun. Goreng sampai keemasan. Angkat tiriskan. Tunggu agak dingin lalu simpan dalam wadah kedap udara


3. MasyaAlah enaaak 👍👌. Anak-anak sampe minta buatin lagi karena langsung habis mereka cemilin 😄😄.


4. Kressss bangeet.. guriiiih pula, pokonya syukaaa 😍


Selamat mencoba, dan kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sekali masak bisa mendapatkan manfaat yang berlipat ganda, bisa menikmati cemilan nikmat dan tubuh menajdi semakin sehat. Jangan lupa berbagi resep ke keluarga yang lain ya bunda.

Sumber