Berlangganan

Kue Prol Tape. Super Lembut. Super Empuk, Enaknya Maksimal



Untuk para Bunda yang nggak banget buat bikin kue, mungkin bikin kue pertama kalinya penuh dengan rasa nggak percaya diri. Takut kuenya bantat, gagal, dan lain-lainnya yang bikin niat bikin kue jadi ilang. Padahal, meskipun Bunda nggak hobi masak nih, bikin kue itu nggak ribet-ribet amat kok. Justru malah bisa jadi hiburan, apalagi kalo bikin kuenya sambil bareng sama anak. Pasti jadi momen buat lebih akrab dong. Nah, salah satu kue yang cukup mudah adalah bikin kue prol tape. Resep prol tape ternyata sederhana dan mudah loh. Nggak percaya?

Jadi, bikin prol tape ini bisa dengan cara dipanggang atau dikukus. Bunda tinggal milih nih lebih selera yang mana. Bahan-bahannya sih tetep sama. Jadi nggak ada bedanya, Cuma proses memasaknya memang ada dua pilihan. Selain merupakan salah satu kue tradisional di Indonesia, bikinnya juga bisa nggak pakai mixer loh Bun. Jadi, cocok nih untuk para Bunda yang baru belajar bikin kue dan belum punya mixer. Kemudian, kalo kue sudah jadi, bisa ditambahin topping sesuai selera. Misalnya, bisa ditambahin keju atau lainnya.

Ketika mencampurkan bahan-bahan, resep kue prol tape ini bisa dengan menggunakan tangan. Jadi, persis kayak bikin donat. Nah, proses inilah yang paling harus diperhatikan supaya kue prol bener-bener lembut, empuk, dan enak banget sesuai yang Bunda harapkan.

Tepung yang mau digunakan sebaiknya Bunda ayak dulu supaya adonan bener-bener kalis, tanpa gumpalan dan jadinya lembut. Tape, sebagai bahan utama yang digunakan juga harus matang. Nah, Bunda jangan pake tape yang masih keras ya, soalnya nanti bakalan mempengaruhi teksturnya. Nggak masalah juga kalo mau pakai tape yang sudah manis, tinggal diatur penambahan gulanya saja Bun. Nah, ketimbang penasaran nih, berikut informasi lengkap resep prol tape.

Bahan-bahan:

  • 350 gr tape singkong
  • 75 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 90 gr terigu
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • 1 bks vanili
  • 100 gr margarine
  • 50 gr keju

Langkah Membuat:

1. Haluskan tape... dilumat hingga hakus bener... sumbunya diambil dulu ya pemirsa... jgn sampai lupa.


2. Kocok telur dan gula hingga mengembang... masukkan tape yg sdh dihaluskan.. kocok rata. Masukkan terigu dan vanili.. kocok kembali. Matikan mixer


3. Masukkan margarine yg tlah dicairkan. Aduk dgn spatula


4. Masukkan ke liyang yg tlah diolesi margarine dan terigu.. bisa juga dgn carlo... panggang dioven yg tlah dipanaskan.. dgn suhu 180 kurleb 10-15 menit... sampai kliatan kokoh.. olesi dgn kuning telur.. dan beri toping keju... aning pake keju yg dipotong kecil.. krn gak da parut pemirsa... lanjutkan oven hingga 30menit.. sesuaikan oven masing2


5. Setelah matang.. dinginkan. Potong2


6. Yummy max


7. Lembyuuuut


8. Cocok untuk temen minum teh utawa ngupi... hayuk cobain


9. Sajikan juga pas momen kumpul bareng keluarga.


10. Atau juga untuk teman arisan


11. Atau bahkan untuk nyemil saat santai.


Gimana Bun? Bisa kan ya cobain resep prol tape? Tinggal disuguhin buat camilan buka puasa, buat arisan, atau buat kumpul bareng keluarga. Ya, seenggaknya ada sesuatulah yang spesial buat nyenengin keluarga dan kerabat. Selamat mencoba ya Bun, semoga berhasil!

Sumber: