Berlangganan

Cake Kukus Labu Kuning



Kalau ngomogin labu kuning bisa loh di buat kue bolu atau cake dari bahan ini, pas dan cocok karena rasanya cukup enak, juga lebih mengenyangkan. Bisa di bikin bolu labu kuning kukus, di panggang juga bisa. Banyak aneka variasi makanan olahan dari labu kuning tentunya selain disayur dan dikolak diantaranya dibuat kue lumpur, puding dll. Bila memilih kudapan rendah gula bisa dikurangi takaran gula pasirnya. Agar rasanya lebih enak bisa menambahkan coklat, kismis dll. Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana begitu juga bahan bakunya lebih mudah didapat.

Labu kuning termasuk bahan yang awet untuk disimpan, asal dalam kulkas ya, pas lihat di kulkas ada jadi bisalah buat bahan bolu, dan kalau telur selalu sedia di dekat chiller. Nah telur juga merupakan sumber protein paling mudah didapat paling murah lah ya. Jadi saat bunda frielingga sit punya ide buat cake labu kuning kukus ini, bahan-bahan semua lengkap di dapur, jadilah mulai eksekusi saja, dan karena belum mau ribet-ribet, buat cake ini tanpa mixer saja, tentu pakai bahan tambahan baking powder dan baking soda. Hmmm jadinya cake ini sangat mudah dibuat, dan dikukus pula, jadi lebih mudah dan bukan jadi halangan untuk membuat cake ini bagi yang belum punya oven dan mixer.

Supaya lebih cantik sedikit dan lebih memperkaya rasa, maka cake ini diberi topping keju parut, untuk olesannya supaya kejunya menempel, gunakan campuran margarin dan susu kental manis yang hanya diaduk-aduk saja dengan sendok hingga menyatu dan menjadi halus. Tadinya berpikir mau diberi whipped cream, ahai..sayang ya, secara butuhnya sedikit saja, dan malasnya itu mau mixer-mixer lagi si whipped cream ini.

Nah dengan waktu yang tidak begitu lama, jadilah si cake labu kuning kukus ini dengan topping cream dan keju ataupun tanpa topping tetap yummy...

Yuk coba resep cake kukus labu kuning ini.

Bahan-bahan :

  • 3 btr telur
  • 75 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 85 gram terigu protein sedang
  • 15 gram susu bubuk
  • 75 gram labu kuning kukus
  • 75 ml air
  • 1/2 sdt pasta coklat

Langkah - langkah :

1. Blender/Mixer air dan labu kuning. Sisihkan.


2. Kocok telur, gula pasir, garam, vanili sampai mengembang.


3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.


4. Masukkan campuran labu kuning sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.


5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata.


6. Tuang adonan cokelat di cetakan yang sudah di oles minyak setinggi 1/3 cetakan. Kukus 10 menit dengan api sedang.


7. Tuang adonan kuning ke atas adonan coklat. Kukus 15 menit sampai matang.


8. Sajikan


Cakenya tampil cantik dan bikin tertarik untuk membuat kan. Langsung dicoba ya, dan biar nggak ketinggalan dengan resep - resep yang lain jadi Jangan lupa di like dan share resepnya.

Sumber