Berlangganan

Abon Ayam Yummy. Bisa Buat Kue, Toping Makanan, Atau Dijual



Abon emang enak banget ya Bunda, tapi harganya bisa selangit. Beli Abon ayam aja setengah kilo bisa ngeluarin duit 90 ribu rupiah lho Bun. Dan… untuk anak yang doyan banget, abon segitu sehari juga bisa habis nggak ada sisanya.

Abon ayam ternyata bener-bener praktis untuk bikinnya Bun. Selain itu, bisa juga Bunda jadikan isian untuk roti lapis, pastel dan lainnya. Buat Bunda yang selalu bingung bikin menus arapan apa yang praktis dan nggak ribet, tentu Bunda bisa siapin roti isi abon ayam. Bukan cuman itu, abon ayam yang gampang dimasak ternyata juga bisa awet cukup lama. Jadi bisa disimpan, terus disantap kapan aja deh.

Nah, ketimbang beli nih, mahal, iseng-iseng coba resepnya pasti bakalan lebih hemat. Gampang kok Bun bikinnya, tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak pula. Untuk yang suka pedas, tinggal tambahin aja beberapa cabe rawit yang gede, dimasukin Blender,d an tinggal dicampur. Kalau nggak suka pedas, simple aja Bun tinggal bikin tanpa tambahan cabe. Nih, resep yang bakalan bikin abon punya Bunda yummy banget. Biar ayamnya terasa, Bunda bisa pakai dada ayam yang dagingnya banyak. Daripada penasaran, yuk simak resep berikut. Pastikan semua bahan nggak ada yang ketinggalan.

Bahan-bahan

  • 1 kg dada ayam

Bumbu

  • 3 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 4 cabe rawet
  • 2 cabe merah
  • 2 sdm ketumbar
  • 100 gr gula merah
  • 1 ruas/3cm kunyit
  • Secukupnya garam
  • Yg suka jinten.. bs ditambahkan sdkt.. ini kuskip

Langkah Membuat

1. Rebus ayam sampe matang.. jangan terlalu empuk ya pemirsa... asal bisa di suwir aja...


2. Siapkan bumbu.. blender hingga halus


3. Pukul2 ayam yg sdh direbus.. sambil diulek di cobek


4. Setelah hancur.. campur dengan bumbu yg sdh diblender halus


5. Goreng dengan cara deepfry... terendam minyak semua... goreng dengan api sedang supaya tidak cepat gosong... sering diaduk...


6. Hasil dari penggorengan sampai warna kecoklatan. Spt ini penampakannya


7. Tiriskan... mumpung masih panas.. segera peras abon.. dgn alat spt ini... atau alat yg ada ya pemirsa


8. Diperas selagi panas.. supaya minyak benar2 keluar.. jadi hasil akhir abon bisa berserat sempurna.


9. Setelah diperas.. keluarkan dari alat... Diulek lagi... di cobek.. sampai minyak bener2 keluar.. dan abon berserat cantik


10. Taruh diwadah


11. Bisa disimpan ditoples..


12. Atau bisa langsung digunakan...


13. Untuk toping kue... buat lemper... buat nasi goreng.. buat donat..buat bolu gulung... banyak kegunaan


14. Selamat mencoba


15. Jangan lupa share ya Bun!


Gimana Bun? Resepnya gampang kan? Bahan-bahan yang dibutuhkan juga nggak terlalu banyak. Memang lebih praktis beli sih, tapi kan kalo bikin sendiri bisa hemat sekian ribu rupiah, jadinya juga banyak. Jadi cocok kalo disimpan di toples, dan tinggal tabur aja kalo mau makan pakai abon ayam. Bukan cuman itu, untuk para Bunda yang tinggal di daerah perumahan atau padat penduduk, cocok juga kok bikin Abon ayam untuk jualan. Tinggal dikemas dalam plastik setelah ditimbang, terus dijual di tetangga atau juga kerabat Bunda. Lumayan kan bisa jadi awal usaha untuk tambahan uang belanja. Apalagi kalo menjelang lebaran begini banyak yang mau bikin kue isi abon ayam. Bisa jadi peluang bisnis baru kan Bunda.

sumber