Berlangganan

Resep Kaldu Udang Bubuk Buatan Rumah. Lebih Enak dan Sehat! 😋👍



Membuat masakan yang enak sebagai menu makanan di rumah udah pasti jadi hal yang ingin Bunda berikan untuk keluarga. Beberapa masakan yang enak memiliki bahan tambahan yang penting, salah satunya adalah kaldu. Nah, kaldu sendiri sebenarnya merupakan sari dari tulang, daging, atau sayuran yang udah direbus loh Bunda.

Banyak banget contoh dari kaldu, ada kaldu ayam, kaldu sapi, bahkan juga kaldu yang terbuat dari bahan ikan. Sekarang ini juga ada kaldu bubuk dalam kemasan yang dijual untuk membantu menyedapkan masakan. Tapi kadang kaldu bubuk yang dibeli secara instan justru kurang menyehatkan dan jika terlalu banyak akan berbahaya. Ada baiknya buat bikin kaldu bubuk sendiri di rumah biar jauh lebih aman, misalnya aja resep kaldu udang bubuk.

Kalo Bunda dan keluar memang pecinta makanan laut bisa menggunakan udang sebagai bahan kaldu bubuk. Udang punya banyak kandungan baik untuk tubuh loh, misalnya ada kandungan vitamin B12, protein, fosfor, vitamin B3, vitamin E, vitamin B6, dan masih banyak sekali kandungan baiknya. Manfaatnya bisa membantu mencegah penyakit kanker, penyeimbang hormon, pencegah penyakit jantung, dan bisa digunakan sebagai zat anti inflasi. Makanan yang bergizi juga penting loh Bunda buat keluarga. Selain masakan Bunda akan tambah sedap dengan resep kaldu udang bubuk buatan sendiri, makanannya juga akan tambah lebih sehat lagi.

Enggak perlu repot-repot beli Bunda, bikin sendiri di rumah juga bisa kok. Bahannya mudah didapat, terus langkahnya juga enggak terlalu ribet loh Bunda. Rasanya pasti lebih special sebab takarannya bisa disesuaikan sama selera keluarga. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep kaldu udang bubuk buatan sendiri.

Bahan-bahan:

  • 250 gr kulit dan kepala udang (ini dari berat udang yg belum d kupas)
  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica (ladaku)
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt gula pasir

Langkah membuat:

1. Kupas bawang putih


2. Geprek dan cincang


3. Bersihkan kulit dan kepala udang


4. Nyalakan api, sangrai kepala udang dan kulit dengan api kecil


5. Masukan bawang putih


6. Sangrai sampai kadar air berkurang.


7. Haluskan dengan blender / choper. Klo pke blender jgn d ksh air.


8. Hasil gilingan masih basah dan kasar


9. Sangrai lagi sampai kering


10. Setelah kering, haluskan lagi dengan menambah merica, gula pasir, garam... Nah disini saya pke blender buat menghaluskannya karna udh kering, cepat dan halus hasilny.

11. Ayak


12. Jadi deh kaldu udang homemade nya


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep kaldu udang bubuk sendiri di rumah. Enggak terlalu ribet kan?, selain jauh lebih irit juga bisa bikin masakan Bunda jauh lebih mantap. Jadi enggak perlu beli kaldu bubuk yang kurang sehat deh Bunda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat Bunda, terimakasih.

Sumber