Berlangganan

Resep Tumis Jantung Pisang Khas Indonesia - Pasti Lezat Dan Bergizi!



Indonesia jadi salah satu Negara yang punya banyak cita rasa masakan khas. Bahan yang digunakan buat bikin masakan juga sangat beragam, misalnya aja jantung pisang. Nah, kalo Bunda punya pohon pisang banyak di belakang rumah, ada baiknya jantung pisang dipakai buat menu masakan di rumah. Pasti keluarga jadi suka dan makannya lahap.

Apalagi jantung pisang punya kandungan gizi yang banyak banget loh Bunda, jadi baik buat kesehatan keluarga. Ada kandungan protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, mineral, dan masih banyak yang lainnya. Membuat masakan jantung pisang dengan cara ditumis akan menjadi menu yang pas untuk makan siang keluarga.

Karena kandungan dari jantung pisang sangat banyak, rasanya engga kaget kalo jantung pisang bisa dimanfaatkan buat mencegah beberapa penyakit berbahaya loh Bunda, misalnya aja kayak stroke, kolestrol, mengatasi diabetes dan lain sebagainya. Nah, buat bikin tumis jantung pisang juga engga ribet jadi bisa dibuat sendiri di rumah. Daripada harus membelinya, biasanya jarang juga orang yang menjual makanan jantung pisang ini. Selain jadi menu masakan di rumah resep tumis jantung pisang bisa juga jadi menu makanan untuk acara hajatan. Misalnya saja acara nikahan, dijamin pasti banyak yang suka soalnya enak dan unik.

Kalo tinggal di kota, rasanya akan susah untuk cari menu masakan ini. Apalagi makanan yang populer sudah banyak juga. Bunda bisa coba bikin sendiri kok di rumah. Nah, langkah dan bahan yang digunakan buat bikin masakan ini engga ribet kok. Bahannya sering ditemukan juga disekitar kita. Berikut ini langkah dan bahan yang bisa dipakai buat bikin resep tumis jantung pisang untuk makanan di rumah

Bahan-bahan

  • 1 buah jantung pisang
  • 3 siung bawang merah (iris)
  • 2 siung bawang putih (iris)
  • 1 ruas jahe (geprek)
  • 3 buah cabe merah (iris)
  • 5 buah rawit (iris)
  • 1 buah terasi ABC
  • Secukupnya garam

Langkah Membuat

1. Kupas jantung pisang sampai bagian ungunya habis, tinggal bagian putihnya saja.


2. Sampai begini.


3. Bagi 4, rebus dalam air mendidih sampai empuk (untuk menghilangkan getahnya).


4. Potong2 tipis jantung pisang yang telah empuk.


5. Tumis bawang merah putih, cabai merah, rawit, dan jahe. Setelah harum masukan terasi, dan jantung pisangnya, tambah garam.


6. Cek rasa, sajikan.


Saran Penyajian

1. Nah, kalo sudah matang letakkan di dalam mangkuk hias.

2. Sajikan bersama nasi hangat, lauk dan sambal agar lebih nikmat.

3. Tumis jantung pisang sudah bisa dinikmati.

Itulah bahan dan langkah buat bikin resep tumis jantung pisang di rumah engga susah kan Bunda? Karena jadi makanan yang jarang banget ditemukan di sekitar, Bunda bisa coba menu ini untuk jadi ladang usaha loh. Siapa tahu banyak yang suka, lumayan untuk pemasukkan Bunda tanpa harus meninggalkan rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih Bunda.

Sumber: https://cookpad.com/id/resep/4025129-tumis-jantung-pisang