Berlangganan

Resep Tempe Mercon Isi Sambal. Pedas Kriuk-Kriuknya Bikin Semangat!



Berkumpul dengan keluarga menjadi momen yang sangat berarti untuk para Bunda. Apalagi kalau jarang ketemu, pasti momen seperti menjadi hal yang berharga. Nah, kumpul keluarga rasanya akan kurang pas kalau enggak ada suguhan untuk cemilan.

Indonesia kaya akan jajanan tradisional, jadi bisa digunakan untuk menju sajian ketika kumpul dengan keluarga Bun. Kalau keluarga Bunda banyak yang suka dengan pedas, maka tempe mercon bisa jadi sajian yang pas. Selain makanan ringan yang gampang ditemui, tempe juga bisa diolah menjadi banyak menu. Tapi resep tempe mercon jadi menu yang baru-baru ini banyak di cari. Bahkan yang menjual juga tidak sedikit.

Kalau di daerah Bunda masih jarang yang jual tempe mercon, maka bisa jadi peluang bisnis. Mulai promo di teman-teman arisan Bunda, siapa tahu banyak yang suka dan banyak yang minat. Lumayan bisa jadi tambahan tanpa harus meninggalkan rumah. Selain jadi suguhan keluarga di rumah dan dijual, Bunda juga bisa kok menyuguhkannya ketika ada hajatan di rumah. Tapi perkirakan rasa pedasnya ya Bun, jangan sampai membuat para tamu undangan sakit perut dan ogah nyobain tempe mercon milik Bunda. Bikin resep tempe mercon sendiri di rumah sebenarnya enggak terlalu susah kok.

Banyak kelebihan kalau Bunda bikin sendiri di rumah daripada beli, selain jauh lebih irit ternyata tingkat kepedasan juga bisa disesuaikan dengan selera Bunda. Nah, bahan yang dipakai juga gampang di cari jadi enggak bakalan ribet. Ada beberapa bahan sama langkah buat bisa jadi panduan bikin resep tempe mercon sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe

Bahan Isian:

  • 1 genggam cabe rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 btg daun bawang,iris halus (optional)

Bahan Adonan Tepung:

note : bisa juga cuma pakai tepung terigu ajj

  • 5 sdm tepung terigu
  • 5 sdm maizena
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • secukupnya air (sampai adonan cenderung encer)
  • secukupnya garam,gula pasir,merica bubuk,ketumbar bubuk

Langkah Membuat:

1. Potong2 tempe.. dibikin yg agak tebal yaa.. iris bagian tengah nya tapi jgn sampai terputus..aQ jadi 12potong.. sisihkan..


2. Buat isian sambal : goreng cabe+duo bawang+daun bawang.. angkat.. beri garam+gula pasir.. ulek.. isikan dlm tempe..


3. Buat adonan tepung : aduk semua bahan.. tekstur adonan cenderung cair.. kalau mau cuma pakai tep terigu ajj juga nda masalah koQ.. tingkat kekentalan bisa disesuaikan sendiri yepp

4. Celup tempe ke tepung.. goreng dehh.. siap dicemil.. nda lagi harus pakai cabe atau saus buat cocolan.. Inii juga weZ pedess huhhahhuhhahhhh..


5. Ngemill teruss biar tambah gendutt


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep tempe mercon sendiri di rumah. Selera pedasnya, takaran bahannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda ya, entah mau dikurangi atau ditambah. Sesuaikan juga rasanya dengan keinginan Bunda agar jauh lebih mantap. Bikin tempe mercon sendiri di rumah jauh lebih special. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba. Terima kasih.

Sumber