Berlangganan

Resep Telur Bumbu Merah (Hintalu Masak Habang). Rasanya Khas Banget, Beda Dibanding Bumbu Merah Lainnya



Bosen masak telor dengan cara di goreng atau direbus? Ini dia cara masak telor dengan versi yang lainnya yaitu Telur bumbu merah (hintalu masak habang), menu masakan Telur bumbu merah atau hintalu masak habang disebut juga bumbu bali banjar adalah salah satu masakan yang paling mudah dan simpel untuk dibuat, serta bahan - bahannya sangat mudah untuk didapatkan ya. Telur bumbu merah ini meskipun tergolong masakan yang mudah untuk dibuat, namun sangat kaya akan manfaat loh…hal ini dikarenakan telur yang menjadi bahan baku utamanya sangat kaya akan protein, vitamin B serta berbagai macam mineral yang sangat penting bagi tubuh kita.

Oh ya...kalau kata bunda Susi Agung, di Kalimantan biasanya yang dibuat bumbu merah atau hintalu masak habang ini adalah daging sapi, daging ayam dan ikan haruan (gabus), rasanya khas banget, untuk versi ekonomis telur lah yang paling pas untuk olahan ini. Hehehe..

Bumbu utama Telur bumbu merah atau hintalu masak habang adalah cabe merah besar kering, disinilah letak perbedaannya dari masak bumbu bali biasa yang biasanya memakai cabe merah segar,rasa cabe merah besar kering yang tidak pedas dicampur rempah-rempah lain membuat masakan ini cocok disantap untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Yuks yang pengen coba masak telur bumbu merah aka hintalu masak habang khas Banjarmasin, kalimantan milik bunda Susi Agung ini.

langsung aja simak resep berikut

Bahan - bahan :

  • 8 butir telur bebek
  • 2 cm kayu manis
  • Secukupnya garam dan gula merah

Bumbu halus:

  • 12 buah cabe merah kering (buang bijinya)
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/4 sdt terasi matang

Taburan:

  • Bawang merah goreng

Langkah - langkah :

1. Rebus telur sampai matang, kupas, sisihkan.


2. Rebus sebentar cabe kering, angkat lalu blender cabe merah bersama bumbu lain sampai halus. (Me: blender dengan sedikit minyak)


3. Tuang bumbu halus kedalam wajan, tumis sampai wangi, masukkan kayu manis, aduk rata, masukkan gula merah, saus tomat dan garam, tuangi air aduk rata, masukkan telur, aduk sampai rata, tes rasa bila sudah pas matikan api, sajikan dengan taburan bawang goreng.


Telur bumbu merah (hintalu masak habang) Sudah jadi, siap untuk disajikan!

Telur bumbu merah (hintalu masak habang) ini cocok disantap dengan nasi kuning,lontong sayur ataupun nasi putih hangat,taburi bawang goreng. duhh mantap dan makin makyuss...

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda.

Sumber