Berlangganan

Resep Soto Betawi Susu (Ayam)



Negara kita, Indonesia memang kaya banget akan keaneka ragaman budayanya, termasuk juga resep masakan Indonesia. Karena tiap daerah punya budaya, adat istiadat dan ciri unik tersendiri, ini juga membuat masing masing daerah di negara kita punya ciri khas dalam resep masakannya. Tentu udah tahu ya kalo resep soto banyak sekali variasinya tergantung daerah asalnya. Sebut aja soto sulung, soto madura yang kental, soto kudus, soto ayam surabaya dan masih banyak yang lainnya.

Kalo salah satu soto yang populer terutama di daerah Jakarta, ya pastinya Soto Betawi. Soto ini asleee, enak banget rasanya dan patut mendapatkan apresiasi dari para pecinta kuliner. Apalagi penggunaan susu di kuah sotonya, hal ini yang bikin cita rasa unik lain dari pada yang lain, tapi kalo gak gitu suka dengan susu bisa juga menggantikannya dengan santan kelapa kok bunda. Masakan tradisional yang khas ini cukup menggairahkan, sungguh nikmat dan lezat tak kepalang. Apalagi kalo dinikmati disaat pagi hari untuk sarapan, pastinya tambah sedaappp.

Ngomong - ngomong soto betawi, kalo mau bikin sendiri dirumah ternyata cara nya gampang loh bunda, bahannya utamanya cukup siap kan ayam kampung dan susu cair. Resep Melz Kitchen (Mellisa H) ini recomended banget, patut untuk di coba. Langsung simak aja

Bahan - bahan :

Bumbu Halus:

  • 6 bh bawang merah
  • 4 bh bawang putih
  • 5 bh kemiri sangrai
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit

Bahan Utama:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 2,5 ltr susu cair
  • 2 btg sereh geprak
  • 1 ruas lengkuas geprak
  • 4 bh daun salam
  • 6 bh daun jeruk
  • secukupnya garam+gula+lada+kaldu jamur

Bahan Pelengkap:

  • 1/2 kg kentang potong kotak goreng
  • 4 bh telur ayam rebus (kupas bagi 2)
  • 2 bh tomat iris kotak
  • 2 btg daun bawang iris
  • secukupnya emping goreng
  • secukupnya bawang goreng

Langkah - langkah :

1. Langsung di panci, tumis bumbu halus+daun salam+daun jeruk+sereh+ lengkuas sampe wangi. Masukan susu cair. Masukan ayam. Godok sampe sari ayam keluar. Sering diaduk - aduk ya bu ibuk..biar gak gumpal


2. Bumbui dengan kaldu jamur+garam+gula+lada. Tes rasa. Setelah ok, matikan api angkat ayam. Setelah ayam agak dingin, suwir - suwir.

3. Siapkan bahan pelengkap:


4. Cara penyajian: Siapkan mangkok. Kasih kentang+ayam suwir+ tomat+ daun bawang+bawang goreng. Siram dengan kuah soto, kasih emping goreng. Voilaaa...soto betawi susu is ready!


Soto Betawi Susu (Ayam) sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber