Berlangganan

Resep Sop Singkong Ceker. Sekali Coba Langsung Suka!



Mendengar namanya, mungkin tak menyangka kalau singkong ternyata bisa diolah menjadi sup. Bagi penggemar salah satu masakan berkuah khas asal banjarmasin dan balikpapan ini sangat cocok disantap sore hari atau ketika cuaca dingin, Sop ini akan sering dijumpai saat ada kumpul-kumpul arisan, makan-makan dikantor atau dirumah teman atau bisa juga dijumpai di kedai-kedai sarapan di Balikpapan ataupun di banjarmasin.

Sop singkong terkenal dengan kuahnya yang gurih dan singkongnya yang empuk jadi kali ini kita mau intip Resep milik bunda Susi Agung saat membuat Sop Singkong ceker yang Enak dan lezat yuk... biar bisa mengobati rasa kangen kampung halaman kalau saja sedang merantau atau jauh dari keluarga, atau mengobati rasa lapar yang sedang mendera.

Eittss... kalo untuk soal bahannya gak perlu kawatir karena gampang didapat di supermarket ataupun di pasar tradisional kok dan yang paling penting bikinnya mudah dan cepat ya, simple dan gak ribet pastinya. Kalo masalah rasa gak usah diragukan lagi, rasanya super makyussss. Nendang banget dech. Masakan murah meriah tapi rasanya nikmat gak ketulungan. Gurih menyegarkan. Patut untuk dicoba deh hehe...

Langsung simak aja cara nya berikut ini ya

Bahan - bahan:

  • 1 kg singkong
  • 500 gram ceker
  • 2 buah wortel, potong bulat
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 2 batang seledri, iris kasar
  • 1 cm kayu manis
  • secukupnya Garam dan gula

Bumbu halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1/2 buah pala
  • 1/2 sdt merica butiran

Pelengkap:

  • Telur rebus, soun, jeruk nipis, sambel rawit dan bawang goreng

Langkah - langkah :

1. Potong kecil-kecil singkong lalu kukus/rebus sampai matang, sisihkan.


2. Didihkan air dalam panci, masukkan ceker yang sudah dibersihkan, masak sampai mendidih, matikan api, buang air rebusannya. Tuang kembali air kedalam panci berisi ceker, rebus kembali ceker sampai matang.


3. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan kayu manis dan daun bawang, aduk-aduk sampai layu, tuang kedalam rebusan ceker, masukkan wortel, bumbui garam dan gula, masak kembali sampai mendidih, matikan api.


4. Tata singkong dalam mangkuk, beri sedikit soun, telur rebus, lalu tuangi kuah sop, taburi bawang goreng dan seledri, sajikan dengan pelengkap.


Sop singkong ceker sudah jadi, siap dinikmati!

Sop singkong ceker ini pas banget kalo dinikmati selagi hangat ya, biar bisa bikin badan segar kembali sebelum atau setelah melakukan aktivitas seharian.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat dan keluarga yang lainnya ya bunda.

Sumber