Berlangganan

Resep Sop Bakso Tahu Simple. Kuahnya Seger Banget!



Sayur sop! Duhh... udah langsung kebayang ya segar, gurih, nikmat dan wangi rempahnya. Apalagi kebetulan pas lagi perut berasa laparr, siap - siap nambah nasi yang banyak. hehehe...

Sop identik dengan sayuran ya, biasanya sayuran yang digunakan juga beragam misalnya wortel, kentang, jamur merang, dan sebagainya. Agar cita rasa lebih menonjol tambahkan daun seledri, biar lebih mantap lagi bisa ditambah daging, bakso, sosis, tahu, ato ikan.

Nah... menu sop ini begitu sangat simpel dan praktis kalo ingin membuatnya sendiri dirumah loh, Punya tahu, bakso, dan wortel di kulkas tapi bingung mau di bikin menu apa untuk keluarga. Resep moms Indry Hapsari bisa menginspirasi, moms sekalian untuk dibuat menu sop bakso tahu aja. Gampang banget bikinnya, gak pake ribet. Patut untuk di coba yukk...

Langsung aja simak bahan dan cara membuatnya berikut ya

Bahan - bahan :

  • 20 butir bakso sapi kualitas baik, kerat silang 1 sisinya
  • 10 potong tahu putih uk. kecil @belah 4
  • 1-1.5 lt air homemade kaldu daging (bisa pake air biasa)
  • secukupnya garam dan gula (kalo mau pake penyedap silahkan ya)
  • 1 batang seledri, cuci bersih, simpulkan
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • secukupnya bawang goreng untuk taburan
  • secukupnya minyak sayur untuk menumis

Bumbu yg dihaluskan :

  • 2 siung bawang putih
  • secukupnya merica butir

Langkah - langkah :

1. Didihkan air kaldu/air. Sementara menunggu air mendidih, tunus bumbu hakus menggunakan minyak sayur sampai harum dan matang. Beri sedikit air. Biarkan mendidih. Matikan kompor.


2. Masukan tumisan tadi kedalam air kaldu/air yang mendidih, aduk rata. Masukan bakso, beri garam dan gula. Aduk rata. Masak sampai bakso setengah merekah. Kemudian masukan potongan tahu dan daun seledri yang sudah disimpulkan. Masak sampai tahu mengapung. Tes rasa. Matikan kompor. Terakhir masukan irisan daun bawang. Aduk rata. Sop siap dihidangkan.


3. Sajikan dengan taburan bawang goreng


Taraaa... sop bakso tahu sudah jadi, nikmat lagi kalo disantap dengan tambahan sambel bawang dan kucuran jeruk limau. Sedaaapppp!

Gimana, gampang dan praktis banget kan moms? Menu murah meriah tapi menyehatkan untuk seluruh anggota keluarga.

Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama. Happy cooking.

Sumber