Berlangganan

Resep Setup Kolang Kaling Gula Merah. Kenyal, Segernya Mantapp!



Buah kolang kaling atau buah atap rasanya memang menyegarkan, biasanya sering digunakan sebagai bahan menu buka puasa untuk campuran es. Nah, kolang kaling sendiri dalam bahasa Belanda nya dipanggil dengan glibbertjes nih Bunda, artinya benda – benda licin kecil. Kolang kaling ini dibuat dari biji pohon aren yang punya bentuk pipih bergetah. Biar bisa jadi kolang kaling biasanya dibakar dulu buah aren sampai hangus, terus diambil bijinya. Biji yang udah direbus direndap pakai air kapur selama beberapa hari dan difermentasikan.

Nah, kolang kaling sendiri sering digunakan sebagai campuran menu minuman. Misalnya saja bisa digunakan untuk resep setup kolang kaling gula merah yang menyegarkan. Resep ini memang sering banget ditemukan di beberapa jalan untuk dijual. Namun biasanya makin marak pas lagi bulan puasa nih Bunda.

Daripada beli dan nunggu bulan puasa, ada baiknya coba bikin sendiri di rumah. Bikin minuman setup kolang kaling gula merah dingin cocok banget untuk sajian ketika siang hari. Pasti jauh lebih seger lagi, apalagi kalau Bunda bikin resep setup kolang kaling gula merah sendiri di rumah, rasanya pasti lebih special.

Nah, bahan dan cara bikinnya juga gampang kok Bunda. Kolang kalingnya bisa dibeli di pasar tradisional. Memang sih, biasanya jarang ada yang jual kalok enggak bulan puasa tapi sekalipun jarang ada juga yang menjualnya beberapa. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep setup kolang kaling gula merah sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gr kolang-kaling
  • 3 buah pisang raja nangka, potong serong
  • 110 gr gula aren/gula merah, sisir
  • 6 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lbr daun pandan
  • 3 batang kayu manis
  • 11 butir cengkeh
  • 1800 ml air

Langkah Membuat:

1. Inii penampakan ssi kolang-kaling yg menggoda mata.


2. Dalam panci..masukkan gula merah + gula pasir + garam + air.. panaskan sampe gula larut.. matikan api..saring

3. Hidupkan api.. panaskan kembali..Tambahkan daun pandan + kayu manis + cengkeh.. tunggu sampai air kemrengseng.. (bunyi mendesis gitu.tanda 1/2mendidih)


4. Masukkan kolang-kalingnya..masak sampai mendidih dg api sedang cenderung kecil biar aroma rempah keluar..


5. Terakhir..tambahkan pisang..masak sebentar sampai aroma pisang juga ikut keluar..


6. Siap dinikmatii..


7. Syegerr lhoohh.


8. Mancapp


Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep setup kolang kaling gula merah sendiri di rumah buat sajian kumpul keluarga. Enggak susah kan? Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda yah, entah mau ditambah atau dikurangi. Kalau mau disajikan di bulan puasa juga bisa Bunda tinggal buat. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda. Terima kasih.

Sumber