Berlangganan

Resep Semur Tahu Betawi Dijamin Legit, Gurih, Dan Wangi!



Semur tahu betawi bisa jadi menu andalan baru untuk keluarga loh, Bun. Mungkin semur identik dengan daging sapi atau lainnya, yang artinya, Bunda harus persiapkan dana yang cukup banyak. Beda lagi kalo semur dibuat dengan bahan utama tahu. Soalnya, harga tahu memang ekonomis, tapi kalo udah disulap jadi semur, semuanya pasti langsung pengen incip.

Semur yang dikenal sebagai makanan khas Betawi ini ternyata banyak yang suka, loh. Selain cita rasanya yang sedap, gurih, dan juga manis, semur tahu betawi juga empuk. Biar masaknya terasa manis, Bunda harus tambahin kecap yang cukup banyak. Terus, masaknya harus dengan proses perebusan yang sedikit lama. Nah, untuk masaknya, pakai api kecil saja ya, Bun. Hal ini penting soalnya bumbu biar bener-bener meresap dalam tahu.

Hasilnya nanti bakalan tampak sedikit kehitaman. Bumbu dan rempahnya yang pas nanti akan membuat Semur tahu betawi terasa manis, legit, gurih, dan wangi. Mantep banget pokoknya!

Konon sih, semur itu diambil dari bahasa Belanda yaitu “Smoor” yang kalau diartikan berarti “makanan direbus pakai tomat dan bawang dalam waktu lama”. Bahkan, kalo Bunda berkunjung ke Candi atau di berbagai prasasti, memasak semur emang sudah ada loh, bahkan sejak abad 9. Wuih, keren juga ya? Sayangnya, nggak ada keterangan sama sekali apakah yang dimaksud itu memang semur. Walaupun bangsa Eropa udah hadir di Indonesia cukup lama, tapi kecap baru dibawa oleh bangsa Cina. Artinya, Semur memang hasil dari berbagai campuran budaya.

Semur tahu betawi yang populer emang pakai daging sapi, Bun. Biasanya, menu ini disajikan pas ada hajatan atau acara perkawinan. Nah, karena lebaran sebentar lagi, nggak sedikit juga keluarga Betawi asli yang menyuguhkan semur khas Betawi saat lebaran. Untuk menyajikannya juga sering disajikan bareng ketupat, sambal goreng hati sapi, sayur godog, juga opor ayam.

Kalo Bunda masaknya tepat nih, Semur tahu betawi nggak bakalan gampang basi kok. Kalau anak suka, Bunda bisa memasaknya untuk menu sehari-hari, bisa ditambah dengan telur, atau juga tempe. Daripada penasaran, nih resepnya tinggal dibikin aja, Bunda.

Bahan-bahan

  • 6 kotak tahu

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jahe

Bumbu lainnya :

  • 1/2 sdt garam, gula pasir, kaldu bubuk
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala
  • 3 btr cengkeh
  • 1 ruas kecil kayu manis
  • 1 lb daun salam
  • 1 btg serai
  • 2 siung bawang merah, iris
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 sdm air asam jawa
  • 250 ml air

Langkah

1. Goreng tahu setengah matang kemudian tiriskan.


2. Siapkan bahan. 2 siung bawang merah diiris sisanya diuleg. Larutkan asam jawa dalam 3sdm air.


3. Uleg sampai halus semua bahan bumbu halus.


4. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus dan irisan bawang merah sampai harum. Kemudian masukkan daun salam dan serai.


5.Tumis sampai matang kecoklatan baru masukkan air, aduk rata.


6. Selanjutnya masukkan cengkeh, kayu manis dan pala.


7. Masukkan tahu yg sudah digoreng setengah matang tadi.


8. Kemudian tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica bubuk, bubuk ketumbar, air asam jawa dan kecap. Aduk rata secara perlahan. Koreksi rasa.


9. Diamkan sampai kuahnya meresap ke dalam tahu, tahu berubah warna coklat. Kuahnya mengental. Semur tahu betawi siap dihidangkan dengan nasi uduk betawi


Sumber