Berlangganan

Resep Sate Lilit. Kuliner Khas Bali yang Paling Ngangenin



Kalo jalan - jalan ke pulau dewata bali jangan lupa coba kulinernya ya, salah satu kuliner khas pulau bali adalah Sate Lilit. Gak bisa dipungkiri lagi emang enak banget rasanya, guriihh, superr lezaatt dan tampilannya yang sedikit unik membuat sate ini pun punya banyak penggemar. Biasanya sih di hampir semua warung makan dibali pasti ada menu ini, tinggal pilih sesuai selera aja mau sate lilit yang berbahan apa.

Sate lilit ada yang berbahan ikan, ada yang berbahan daging. Tinggal kroscek ke penjualnya ya. Sekarang juga udah banyak banget warung - warung makan di antero negeri yang menyediakan masakan - masakan khas bali, jadi jangan kuatir untuk bunda yang pengen banget mencicipinya.

Masih ngomong- ngomong tentang sate lilit bali ini ternyata kalo mau bikin sendiri, cara buatnya mudah banget kok bun, tinggal campur sana sini... gak sesulit yang dikira, bahan yang dibutuhkan juga gampang dicari, simpel dan praktis serta harga bahan - bahan utamanyapun masih cukup terjangkau. Jadi apalagi yang mesti dipikirin lagi, ada resep ala Melz Kitchen (Mellisa H) ini patut buat dicobain. Recomended banget!

Jadi tunggu apa lagi, yuck langsung siapin bahan-bahan yang mo dipake untuk membuat sate lilit bali. Lets Cook!

Bahan - bahan :

  • 350 gr daging ikan tenggiri/kakap giling
  • 150 gr daging ayam giling
  • 3 sdm santan kental
  • 3 sdm kelapa parut (muda)
  • 3 bh daun jeruk purut iris halus
  • 20 btg serai (dijadikan tusuk sate)

Bumbu halus:

  • 3 bh bawang putih
  • 6 bh bawang merah
  • 4 bh cabe merah keriting (buang biji)
  • 3 bh kemiri sangrai
  • 3 cm kunyit sangrai
  • 3 cm serai bagian putih
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/4 sdt lada

Langkah - langkah :

1. Panaskan 3 sdm minyak sayur, tumis bumbu halus sampe wangi. Dinginkan.


2. Campur daging ikan+ayam+bumbu halus+kelapa parut+santan kental+daun jeruk iris. Aduk rata jadi satu.


3. Bagi adonan jadi 20 bagian. Ambil 1 bagian adonan, pipihkan lalu kepal padatkan di batang serai. Teruskan sampe habis.


4. Olesi teflon dengan minyak. Panggang bolak balik sampe matang.


5. Voilaaa...Sate Lilit Bali is ready!


Sate Lilit Bali sudah jadi, siap untuk dinikmati!

Sajikan sate lilit bali lengkap pake sambal matah nya dan nasi hangat yang pulen serta aneka lalapan sesuai selera untuk penambah nikmatnya, maknyuss. Gas poulll makannya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya bun.

Sumber