Berlangganan

Resep Pukis Bulat Pelangi Ceria. Bisa Mengembang Tanpa Cetakan Standar 😮😮



Tinggal di Indonesia untuk waktu yang lama, tentu beberapa jajanan khas Indonesia banyak yang Bunda tahu dong. Indonesia memang kaya akan ragam budayanya, tapi kaya juga kulinernya. Jajanan khas Indonesia banyak yang suka karena rasanya yang nikmat dan bikin ketagihan. Nah, salah satunya ada jajanan daerah dengan nama pukis, pasti Bunda udah pernah nyobain kan? Tapi udah pernah nyoba bikin belum?

Pukis sendiri merupakan kue yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu, gula pasir, ragi, dan santan yang dijadikan satu. Setelah jadi adonan baru kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan dan dipanggang di atas api, jadi pembuatannya enggak dengan cara di oven loh Bun. Biasanya dia pukis diberikan beberapa toping agar rasanya jauh lebih nikmat. Nah, kalok dulu cuma dikasih toping coklat, sekarang sudah berkembang jadi banyak varian. Misalnya; ada keju, kacang, strowberi, dan beberapa jenis buah yang lain. Rasannya memang jauh lebih menggoda. Bunda bisa coba bikin resep pukis bulat pelangi.

Jadi karena perkembangan jaman yang semakin cepat, banyak orang yang coba bikin kue pukis tanpa harus dengan cetakan separuh bulan. Alhasil jadinya juga menarik kok untuk dihidangkan. Pukis bulat pelangi punya penampilan cantik dan rasanya yang manis, keluarga di rumah pasti suka. Engga cuma buat keluarga di rumah bahkan cocok juga dijadikan sajian waktu ada arisan atau acara pengajian di rumah. Nah, daripada harus beli mending Bunda coba bikin sendiri. Selain jauh lebih irit rasanya pasti lebih special, soalnya takaran resep pukis bulat pelangi bisa disesuaikan sama selera Bunda.

Bahan sama langkahnya engga sulit kok Bunda, berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep pukis bulat pelangi khas rumah.

Bahan-bahan:

Biang:

  • 25 gram tepung terigu
  • 50 ml air
  • 1 sdt ragi instant

Bahan:

  • 200 gram gula pasir
  • 4 telur (ukuran kecil)
  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 300 ml santan (1 saset kara + 4 sdm skm + air)
  • 50 ml minyak goreng
  • Secukupnya bubuk taro, essens mocca, strawberry, pandan, pewarna biru dan kuning

Langkah Membuat:

1. Biang : campur rata semua bahan, diamkan selama 15 menit sampai berbusa. Sisihkan.


2. Ayak tepung, vanili, garam. Campur santan dan minyak. Sisihkan.

3. Mixer telur dan gula sampai gula larut, kental mengembang.


4. Masukkan ayakan tepung, vanili selang seling dgn campuran santan.


5. Tuang santan. Aduk rata, lakukan sampai bahan habis dituang. Diamkan selama 1 jam atau lebih.


6. Ini hasil yg sudah mengembang ya, busanya halus banget.


7. Panaskan cetakan, ambil beberapa sendok sayur beri bubuk taro aduk rata lalu tuang adonan 3/4 bagian dari lubang cetakan krn bakalan mengembang. Tutup cetakannya, setelah agak matang atasnya diberi potongan keju. Tutup lg sampai matang. Lakukan sama untuk rasa/warna yg lainnya. Selamat mencoba.


8. Jadi sekitar 30 buah


9. Seratnya...


10. Tutorial sederhananya, semoga lebih membantu ya bu ibuNah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep pukis bulat pelangi yang bisa anda coba di rumah. Jauh lebih mudahkan Bunda, apalagi kalau membuat sendiri akan jauh lebih irit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih Bunda.


Sumber