Berlangganan

Resep Patin Kuah Asam. Lebih Mantap Dengan Belimbing Wuluh



Takut makan ikan patin karena berlemak? Gak usah terlalu resah dan gelisah loh bunda, lemak yang terkandung di Ikan patin itu ternyata khasiatnya banyak banget kok, antara lain mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner, sangatlah bagus bagi yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian, dan sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Khasiatnya luar biasa kan ternyata, dan ikan patin itu loh rasanya lezatt dan gurih banget.

Selanjutnya Ikan patinnya mau dicoba masak apa? Di coba masak Patin kuah asam aja kali ya. Pertanyaanya Ehh.. Memangnya Gak amis ya kalau masak ikan patin di kuahin? Makanya coba aja ikan patinnya di masak Patin kuah asam ala resep bunda Susi Agung ini, pastii segeerrr banget.

Tipsnya ternyata, saat masak kuah asam ini pastikan pakai ikan segar ya bunda, supaya hasil masakannya sedap, segar juga gurih plus tanpa aroma amis seperti yang dikwatirkan bunda sekalian. Dijamin deh bakal nambah makannya hehehe.. Toppp markotop pokoknyalah.. juara banget, udah kayak di rumah makan terkenal dech.

Yuk ikuti cara buatnya :

Bahan - bahan :

  • 500 gram ikan patin segar, potong-potong
  • 750 ml air
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 buah cabe merah besar, iris serong
  • 5 buah cabe merah keriting, iris serong
  • 8 buah cabe rawit, iris serong (sesuai selera)
  • 7 buah belimbing wuluh, belah 2
  • 2 buah tomat, belah 4
  • secukupnya Garam dan gula merah
  • 1 ikat kemangi, petiki daunnya

Bumbu halus:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit bakar

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih ikan, lumuri air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci kembali sampai bersih, sisihkan.

2. Rebus air dalam panci hingga mendidih.

3. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun jeruk, serai dan jahe, aduk-aduk sampai layu, tuang kedalam panci berisi air mendidih, bumbui garam dan gula merah, masukkan ikan, masak sampai mendidih.


4. Masukkan belimbing wuluh dan tomat, masak sampai bumbu meresap, sebelum diangkat masukkan kemangi, tes rasa, matikan api dan sajikan.


Masakan sudah siap!!

Patin kuah asam ini bisa dinikmati selagi panas. Hehhee... Kalau yang pecinta pedas, cabenya bisa dihaluskan ya, rasanya pasti akan lebih nendang lagi loh. Jadinya ada sensasi rasa asam dari belimbing wuluh, pedas dari cabai dan segar dari aroma kemanginya. Kalau misalkan tidak ada belimbing wuluh, bisa diganti dengan air asam jawa loh, rasanya juga ngga kalah kok.

Selamat mencoba. Jangan lupa share ke tetangga, teman, saudara dan kerabat yang lainnya ya bunda.

Sumber