Berlangganan

Resep Nasi Kuning Pulen, Enaknya Nggak Bikin Nyesel 😍😍😍



Bunda pasti sering tahu nasi kuning, biasanya sering disuguhkan pada acara hajatan. Nasi kuning sendiri jadi makanan khas Indonesia yang sangat terkenal. Makanan ini dibuat dari bahan beras yang dimasak dengan kunyit, rempah-rempah dan santan. Biasanya pada santannya diberi tambahan bumbu agar rasanya jauh lebih enak Bunda.

Nah, nasi kuning selain punya warna yang khas rasanya juga sangat khas kalo dibandingin sama nasi putih biasa. Nasi kuning ini sering digunakan sebagai tumpeng, dan disajikan lauk macam-macam khas dari Indonesia. Resep nasi kuning pulen khas Indonesia selalu laris di beberapa bagian daerah.

Tumpeng yang menggunakan nasi kuning akan melambangkan gunung emas dimana artinya kekayaan, kemakmuran dan jug a moral yang luhur loh Bunda. Jadi enggak sekedar enak tapi ada filosofinya juga. Sering digunakan pada acara hajatan, bahkan sekarang banyak juga para orang tua yang memberikan suguhan nasi kuning ketika ada acara ulang tahun anak. Nah, untuk membantu menyenangkan anak, bisa juga merayakan ulang tahun dengan menggunakan resep nasi kuning pulen. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak kok Bunda. Daripada memasak sendiri, ada baiknya bikin sendiri di rumah Bunda. Bisa disesuaikan sama selera keluarga dan porsi disesuaikan.

Buat bikin nasi kuning yang enak sebenarnya enggak terlalu repot kok Bunda. Memang membutuhkan sedikit lebih banyak usaha daripada nasi putih. Jadi nggak bakalan nyesel. Usaha itu akan terbayar sama rasa yang diberikan oleh nasi kuning. Nah, berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep nasi kuning pulen sendiri di rumah.

Bahan-bahan

  • 1500 gram Beras
  • 1800 ml santan
  • 2 sdm kunyit
  • 2,5 sdm garam halus
  • 5 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdm ketumbar sangrai, dihaluskan (optional)

Langkah Membuat

1. Panaskan pengukus nasi (dandang, langseng,) kukus beras selama 30 menit.


2. Rebus santan bersama daun salam, daun jeruk, kunyit, garam, serai dan daun pandan. Tunggu sampai mendidih,


3. Masukkakn beras yang dikukus tadi. Tuang air jeruk nipis, aduk2 tunggu sampai set.


4. Kukus kembali sampai matang, 30-35 menit.


5. Siapkan alas untuk nasi kuning (saya pakai alas untuk kue)ambil wadah berbentuk kotak lalu masukkan nasi kuning, padatkan lalu keluarkan dan taruh di atas alasnya, hias sesuai selera.


6. Siap dihidangkan.


Saran Penyajian

1. Kalau sudah matang, bisa disajikan dengan menggunakan lauk pauk sesuai selera

2. Nasi kuning bisa dinikmati bersama.

Nah, itu dia Bunda bahan dan langkah yang bisa dipakai buat bikin resep nasi kuning pulen di rumah. Bahan yang dipakai lebih mudah didapat, terus langkahnya juga engga terlalu ribet. Siapa tahu nanti bisa jadi usaha di rumah dengan menerima pesanan membuat nasi kuning. Lumayan untuk pemasukkan Bunda, tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Bunda, Terimakasih.

Sumber