Berlangganan

Resep Lemper Ayam. Camilan Kesukaan Yang Bikin Kenyang



Bagi yang doyan banget ama aneka jajanan pasar tentu aja udah ngga asing lagi ama kue lemper ini kan ? jajanan pasar tradisional yang sampe saat ini masih populer dimana-mana. Memiliki bentuk bulat lonjong kecil yang di bungkus pake daun pisang ini terbuat dari beras ketan. Rasanya yang pulen dengan aneka kreasi isian didalam nya bikin banyak orang yang seneng banget kue lemper.

Aroma wangi daun pisang yang khas makin enak dan gurih dengan rasa santan yang segar. Rasanya lebih gurih dan nikmat. Di pasaran kue lemper ini harganya cukup murah mulai dari Rp 2.000 sampe Rp 4.000 tergantung besar kecilnya kue lemper. Kue lemper bisa dimakan gitu aja atau bisa dipadukan sama bakwan, risoles, tahu bulat, tahu sumedang, martabak telur, tahu isi, mendoan ato lumpia. Enaakkk poulll!

Rasa enak dan lezat nya kue lemper sering banget bikin banyak orang memilihnya sebagai kudapan yang murah meriah dirumah. Kadang malah sering banget kue lemper ini di sajikan di berbagai acara-acara tertentu, kayak acara arisan, acara ulang tahun, acara kumpul keluarga, lebaran, khajatan dan lain sebagainya. Nikmat dan lezatnya kue lemper emang selalu menggoda selera untuk segera menikmatinya.

Nah, kalo pengen banget bikin sendiri di rumah, ternyata cara nya gampang banget, bahan - bahannya mudah di dapat. Oh ya rahasia di balik kue lemper yang nikmat adalah penggunaan daun pandan, daun pandan disini semakin menambah semerbak wangi sang kue lemper. Resep moms Ine Setiawati ini recomended banget untuk di cobain, karena kalo ngikutin step - stepnya dijamin dech bakal suksess abiess bikinnya. Langsung simak aja ya

Bahan - bahan :

Beras:

  • 350 gr beras ketan,cuci,rendam kira- kira 2 jam
  • 350 ml santan(70 ml santan sachet + air)
  • 2 lbr daun salam
  • 2 lbr daun jeruk
  • 1 sdt garam

Isi:

  • 250 gr ayam rebus,suwir - suwir
  • 2 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun salam
  • Bumbu halus:
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 btr kemiri sangrai
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 200 ml santan(70 ml santan + air)
  • secukupnya Daun pisang

Langkah - langkah :

1. Masukkan semua bahan beras ke rice cooker,masak sampai matang


2. Bahan isi


3. Panaskan wajan,tumis bumbu halus sampai harum


4. Masukkan ayam,daun salam + daun jeruk,masak sampai santan kering


5. Potong- potong daun pisang(sebelumnya bakar dulu supaya lemas)


6. Bentuk lemper,bungkus dengan daun pisang


Lemper Ayam sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber