Berlangganan

Resep Lawar Ayam Khas Indonesia Enak. Rasanya Seger Banget



Pernah dengar masakan dengan nama lawar? Pasti beberapa dari Bunda juga ada yang belum pernah dengar. Nah, lawar sendiri masakan yang dibuat dari campuran daging cincang dan sayuran. Makanan ini khas dari Bali loh Bunda, jadi masakan kuliner Indonesia memang sangat beragam ya Bunda. Lawar dibuat dari daging cincang, sayuran dan dipadukan dengan menggunakan kelapa juga bumbu. Masakan ini emang biasanya disajikan untuk keluarga di Bali.

Nah, engga ada salahnya kan kalo Bunda sajikan masakan ini untuk keluarga. Selain enak rasanya, nilai gizinya juga banyak loh Bun. Jadi baik untuk kesehatan keluarga dan yang pasti kalo ada menu baru keluarga pasti makin suka.
Namanya juga bisa disesuaikan dengan bahan daging yang akan digunakan. Misalnya Bunda mau bikin dengan bahan daging ayam. Maka namanya jadi lawar ayam, kalo pake daging sapi maka bisa dinamakan lawar sapi. Tapi resep lawar ayam lebih banyak digunakan karen dirasa jauh lebih irit. Penikmatnya juga lumayan banyak kok Bunda.

Engga cuma bisa disajikan buat keluarga, makanan ini juga cocok kok digunakan untuk acara hajatan, arisan,atau pengajian di rumah Bunda. Karena rasanya enak pasti jadi hidangan yang unik dan banyak disukai. Kalo di daerah Bunda masih jarang ada makanan seperti lawar, tentunya bisa jadi peluang usaha juga. Siapa tahu banyak yang tertarik dan memesan di Bunda. Cara bikin resep lawar ayam juga enggak susah kok Bun. Selain jauh lebih irit, bikin sendiri juga bisa disesuaikan sama selera Bunda dan keluarga.

Karena cara bikinnya yang enggak terlalu ribet dan bahannya yang gampang dicari pasti lebih enak membuatnya. Nah, berikut ini ada langkah buat bikin resep lawar ayam di rumah untuk sajian menu makanan keluarga ataupun para tamu;

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg ayam, potong kecil
  • 2 batang serei, geprek
  • 1 daun jeruk
  • 7 lembar daun jeruk purut muda, iris lembut memanjang
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 10 siung bawang merah, iris
  • 1,5 buah jeruk lemon
  • 1 sdt merica bubuk
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah cabe merah (sesuaikan pedasnya)

Langkah Membuat:

1. Siapkan dulu ya Bun


2. Tumis bumbu halus, serei, daun jeruk sampai wangi.


3. Lalu masuk ayam, merica, gula, garam, kaldu bubuk aduk rata tutup wajan sampai ayam benar-benar empuk.


4. Lanjut Bun


5. Masukkan kelapa parut irisan bawang merah dan daun jeruk, iris. Aduk rata sampai bumbu terserap.


6. Lalu beri kucuran air jeruk lemon. Aduk rata, segera angkat.


7. Sajikan....


Saran Penyajian

1. Letakkan dalam piring saji.

2. Nikmati bersama dengan nasi hangat.

Nah, gimana Bun enggak sulitkan buat bikin resep lawar ayam di rumah? Apalagi semua bahan juga gampang dicari. Untuk menyesuaikan porsi takaran bahan bisa ditambah ataupun dikurangi ya Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber: