Berlangganan

Resep Kue Tradisional Untir-Untir. Renyah Pisan Euy!



Indonesia kaya akan wisata kulinernya, engga cuma beberapa makanan khas di tiap daerah tetapi ada juga beberapa kue tradisional dari Indonesia yang khas dan banyak disukai. Rasanya memang beruntung dapat tinggal di Indonesia. Nah, salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terkenal di beberapa daerah adalah kue tambang wijen atau yang kerap disebut dengan nama untir-untir.

Pasti Bunda juga sudah banyak yang tahu nih soal jajan kue tambang wijen sebab sangat mudah ditemukan di beberapa daerah, khususnya daerah Jawa. Resep untir-untir ini disebut dengan nama kue tambang karena bentuknya mirip sekali dengan rangkaian tambang yang tersusun melingkar dan memanjang lho Bunda. Sedangkan di daerah Jawa disebut dengan nama untir-untir karena artinya melingkar memanjang seperti dipelintir.

Kue tambang atau untir-untir ini termasuk jenis kue kering jadi sangat cocok buat camilan ketika sedang kumpul keluarga, ada acara hajatan, arisan, dan pengajian. Sebenarnya kue ini dibuat dari tepung terigu dan dibentuk sedemikian rupa ketika masih mentah caranya dipelintir sehingga bisa mirip dengan tambang. Untuk mencarinya biasanya ada di pasar-pasar tradisional ataupun toko kue dan harganya juga sangat terjangkau. Tetapi daripada membelinya lebih baik Bunda mencoba untuk membuat resep untir-untir sendiri di rumah. Sekalipun kelihatannya ribet sebenarnya ketika dibuat cukup mudah kok Bunda. Apalagi kalau Bunda bikin sendiri tentunya akan jadi lebih spesial lagi ketika dikonsumsi oleh keluarga.

Nah, selain cara membuatnya yang mudah ternyata bahan yang dibutuhkan juga gampang didapatkan di sekitar kita lho Bun. Jadi enggak akan ada ruginya kalau seandainya bikin sendiri di rumah. Berikut ini ada bahan dan langkah buat bikin resep untir-untir atau kue tambang wijen yang bisa Bunda buat di rumah.

Bahan-bahan

  • 225 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 50 gr gula tepung (gula pasir diblender kering)
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm wijen (boleh kurang)
  • 1 butir telur
  • 50 gr margarin

Langkah Membuat

1. Campur tepung terigu + gula tepung + soda kue + garam + wijen.. Aduk rata


2. Masukkan margarin + telur..


3. Aduk rata sampai bergumpal....


4. Uleni dg tangan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.. adonan inii memang tanpa pemakaian air yaa.


5. Ambil sedikit adonan.. pulung.. lipat/lengkung-kan jadi dua.. untir seperti bentuk tali tambang..


6. Goreng dalam minyak panas dg api kecil sampai matang dan kering ke-emasan.. jangan terlalu sering diaduk yaa.. nanti kue bisa patah2.. angkat.. tiriskan.. dinginkan..


7. Siap masuk toples :) renyahh pisann


Itu dia bahan dan langkah untuk membuat resep untir-untir atau kue tambang wijen yang bisa dicoba di rumah. Enggak susah kan Bunda bikinnya?, takaran bahan bisa disesuaikan sama kebutuhan Bunda, jadi jauh lebih irit juga. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber