Berlangganan

Resep Kolak Biji Salak Candil Ubi Ungu. 4 Langkah Langsung Jadi 👍👍👍



Kolak jadi makanan yang identik disajikan ketika bulan puasa sebagai menu berbuka,tapi sebenarnya kolak tetap nikmat disajikan pada hari biasa, entah dalam keadaan panas atau dingin. Hidangan berkuah dengan beberapa kombinasi seperti kolang kaling, ubi, pisang, dan beberapa yang lainnya jadi menu yang lezat dan bergizi.

Cocok sekali Bunda kalo dipakai buat menu ketika kumpul keluarga, pasti banyak yang suka. Nah, kolak sendiri jadi makanan khas Indonesia dari beberapa bahan dan direbus dengan santan sama gula aren. Jadi rasa kuahnya memang manis. Banyak juga loh jenis kolak, salah satunya ada resep kolak biji salak candil ubi ungu yang khas dan nikmat.

Nah, kalo kolak biji salak candil ubi ungu ini dari segi penampilan udah terlihat cantik soalnya warna ungunya mendominasi, agak unik juga. Kenapa dibilang kolak bij salak candil ubi ungu?, soalnya bentuk ubinya hampir menyerupai biji salak. Bunda bisa coba sendiri buat bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu di rumah. Bahan dan langkahnya simple kayak bikin kolak biasanya. Kolak biji salak candil ubi ungu ini juga cocok disajikan untuk acara hajatan. Di sajikan dengan es agar lebih dingin akan jauh lebih mantap loh Bunda. Pasti banyak yang suka karena unik dan rasanya yang nikmat.

Kalo bisa bikin sendiri rasanya akan lebih irit dan bisa disesuaikan sama selera keluarga dan Bunda. Apalagi yang menjual kolak biji salak candil ubi ungu juga tidak banyak. Bahan sama langkah pembuatannya sederhana dan engga ribet kok Bunda. Berikut ini ada beberapa langkah pembuatannya yang bisa Bunda ikuti di rumah buat bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu;

Bahan-bahan

  • 750 gr ubi ungu
  • 200 gr tepung tapioka (aci)
  • 250 gr gula pasir
  • 4 lbr daun pandan
  • 3 gelas air
  • Sejumput garam

Bahan untuk santan:

  • 1 gelas santan (dari 250 gr kelapa parut)
  • 2 lbr daun pandan
  • Sejumput garam
  • 1 sdt muncung maizena

Langkah Pembuatan:

1. Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan. Tambahkan tepung tapioka dan uleni hingga bisa di bentuk. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat kecil.


2. Didihkan air, tambahkan daun pandan, gula pasir, garam. Setelah mendidih masukan ubi ungu yang sudah dibentuk bulat-bulat kecil. Masak hingga terapung dan matang.


3. Campur semua bahan santan, aduk rata lalu masak hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk supaya tidak pecah santannya.


4. Sajikan kolak candil dengan santannya.


Saran Penyajian

1. Setelah jadi, letakkan pada mangkuk.

2. Kemudian bisa dinikmati dengan es batu.

3. Kolak biji salak candil ubi ungu sudah bisa dinikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu sendiri di rumah, engga susah kan? Karena jarang yang jual, jadi Bunda juga bisa bikin usaha kuliner kolak biji salak candil ubi ungu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber