Berlangganan

Resep Kare Simple Ala Jepang



Japanese Curry (Simple) atau kari jepang adalah menu makanan jepang yang dapat dibuat dengan beberapa cara yang berbeda, tapi pada umumnya sih, kari Jepang dibuat dengan mencampurkan bahan campuran kari ke dalam kaldu daging, sayuran, dan air yang telah dibumbui. Setelah semua bahan dicampur, campuran bahan akan dimasak secara lambat dengan api kecil dan disajikan bersama nasi.

Terus apa bedanya sama kari Indonesia? kalo kari jepang lebih mild, lebih berasa manis, dan ngga bisa dimakan kebanyakan karena bakal eneg dan japanese curry juga ngga pake santan untuk bumbunya

Oh ya...Secara tradisional, kari jepang disajikan dalam dua cara yaitu dapat menyajikan kari ke dalam mangkuk saus dan menyajikannya dengan nasi yang diletakkan di atas piring terpisah di sampingnya, atau dapat meletakkan nasi di atas piring dan mengisi setengah piring dengan kari.

Jadi kalo mau bikin Japanese Curry sendiri dirumah ada resep ala Melz Kitchen (Mellisa H), ini rasanya udah sama kayak di resto Jepang, enak banget, gampang, cepat dan murah meriah. Plus kalo bikin sendiri, bisa buat makan serumah. hehehe...

Penasaran buat nyobain? yukk simak langkah-langkahnya berikut

Bahan - bahan :

Bahan Kari:

  • 3 bh kentang besar
  • 2 bh wortel
  • 1/2 bawang bombay besar
  • 800 ml air
  • 1 bks Japanese Curry Block (Golden Curry)
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap/topping:

  • Secukupnya Chicken Katsu (silakan lihat di resep Melz Kitchen)

Langkah - langkah :

1. Siapkan bahan. Potong wortel+kentang+bawang bombay. Curry Jepang bisa dibeli di supermarket besar.


2. Panaskan secukupnya minyak, tumis sebentar kentang+wortel+bombay. Masukan air. Masak sampai sayuran agak lembut.


3. Masukan bumbu kari. Masak api kecil 5 menit sampai mengental. Tes rasa, kalo saya sih udah pas..kalo kurang asin boleh tambah garam/kecap asin kikkoman.


4. Penyajian: ambil nasi di piring, tata chicken katsu lalu siram dengan kari. Voilaa..Japanese Curry (Chicken Katsu) is ready! Simply delicious! Loveee it!


5. Tips: sebaiknya dimakan panas. Ketika dingin kari akan mengental padat. Jadi saran saya masak sesuai porsi yang dibutuhkan ya.. Kalo untuk anak sebaiknya beli kari yang tidak pedas, jadi nanti kalau mau pedas tinggal tabur bubuk cabe. Itadakimasu..!

Japanese Curry (Simple) Sudah jadi, siap untuk disajikan!
Sajikan kari bersama nasi putih dan jika mau, hiasi kari dengan fukujinzuke ( campuran asinan sayuran yang manis ) atau rakkyou (bawang merah kecil yang diasinkan ) yang telah dicincang.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber