Berlangganan

Resep Karamel Cake aka Bolu Sarang Semut. Kenyal dann Manisnya Pas!!



Karamel cake atau yang lebih akrab disebut bolu sarang semut ini adalah salah satu kue jadul yang masih banyak penggemarnya sampai sekarang, hampir semua emak-emak hafal banget resepnya. Nah bunda, jangan mau ketinggalan ya, yuks kita lestarikan kue-kue jadul supaya tak lekang dimakan jaman bersama resep bunda Susi Agung.

Cake satu ini cara bikinnya mudah gak perlu pakai mixer, mengaduknya cukup pakai whisk aja. Bahannya gampang didapat. Tahap penting ada di pembuatan karamel ya, intinya jangan sampai kecium bau gosong nanti cakenya bisa pahit.

Jadi, langsung saja kita simak cara membuat Karamel cake aka bolu sarang semut berikut ini:

Bahan - bahan :

Karamel:

  • 300 gram gula pasir
  • 250 ml air panas
  • 200 ml air dingin

Bahan cake:

  • 120 gram terigu serbaguna
  • 100 gram tepung tapioka
  • 5 butir telur
  • 200 gram susu kental manis (me: skm cokelat)
  • 70 gram mentega
  • 1/2 sdt vanila
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda

Langkah - langkah :

1. Karamel: panaskan gula diatas teflon, beri 2 sdm air, biarkan sampai gula mencair dan berwarna kecoklatan, goyang-goyang sesekali agar rata, setelah semua gula cair masukkan air panas, aduk rata, matikan api, tuang air dingin, aduk rata, dinginkan.


2. Tuang susu kental manis kedalam wadah, kocok sampai lembut dengan whisk, masukkan mentega, kocok kembali sampai rata, masukkan telur satu persatu, kocok rata (masukkan telur berikutnya bila kocokan telur yang sebelumnya sudah rata).


3. Masukkan terigu yang sudah diayak bersama tapioka, BP dan BS, aduk rata, masukkan caramel, aduk rata (Tekstur adonan agak encer).


4. Tuang kedalam loyang tulban yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu tipis, panggang dengan suhu 180 darcel selama 40 menit, angkat, dinginkan, potong-potong


Yeaaayyy... Karamel cake aka bolu sarang semut sudah jadi, siap untuk dihidangkan!!

Oh ya Bunda, Sedikit tips tambahan dalam membuat karamel ini: Saat membuat karamel, panci sebaiknya dimiringkan dan jangan diaduk ya biar gak menggumpal, kadang goyang-goyangkan aja pancinya. Tetapi kalo sudah terlanjur mengaduknya, karamel biasanya akan meninggalkan sisa-sisa cairan yang lengket pada dasar panci. Ketika membersihkannya, rendam panci tersebut dengan air hangat selama 30 menit, lalu bersihkan.

Dan untuk Karamel cake aka bolu sarang semut ini setelah matang akan terbentuk kulit di atas permukaan kue. Kupas kulit tersebut dengan menggunakan tusuk sate atau dengan sendok, setelah di kupas akan tampak permukaan yang berlubang-lubang seperti sarang semut dech..

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda.

Sumber