Berlangganan

Resep Iga Penyet. Kuliner Enak Ala Resto Leko Yang Terkenal Itu



Hallo bunda- bunda tercinta, kali ini nyambel lagi ya, semoga yang liat gak bosen ya, hehehe... Sambel kali ini adalah sambel terasi yang dipadukan dengan iga, namanya iga penyet, kuliner enak ala testo Leko yang terkenal itu. Masaknya sama sekali gak ribet kok bunda, cocok banget dijadikan menu makan keluarga, perpaduannya pas menggugah selera, biarpun kata mata lagi ngantukpun, pasti jadi melek kalau yang dihidangkan iga penyet sedap seperti ini. Pedesnya nampol.. endeuss pokoknya, bikin merem melek. Apalagi kalau ngulek sambelnya pake cobek batu.. udah dech gak ada yang bakal ngalahin, Juara banget deh rasanya.

Resepnya bunda Susi Agung ini memang top markotop, patut dicoba loh. Gak percaya? Buktiin sendiri ya, pasti nanti ketagihan pengen bikin lagi loh.

Langsung ikutin cara masaknya yukk

Bahan - bahan :

  • 500 gram iga sapi
  • 1 liter air
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdm air asam jawa
  • Secukupnya garam dan gula merah

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt merica
  • 1 cm jahe

Bahan sambal:

  • 1 buah cabe merah besar, potong 2
  • 8 buah cabe rawit (boleh tambah/kurangi sesuai selera)
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi goreng
  • Secukupnya garam & gula merah

Pelengkap:

  • 2 siung bawang putih (keprak, goreng kering lalu tumbuk kasar)
  • 1 buah Mentimun
  • 1 ikat Kemangi

Langkah - langkah :

1. Masukkan iga, daun salam, daun jeruk, serai, garam, gula merah, air asam dan bumbu halus dalam panci presto, tutup lalu presto selama 15-20 menit, matikan api, biarkan uap panasnya hilang, buka tutup presto, ambil iga dan tiriskan.


2. Goreng iga sebentar, angkat, tiriskan.


3. Sambal: goreng semua bahan (kecuali terasi, garam dan gula merah), sampai matang, angkat, letakkan diatas cobek, beri gula, garam dan terasi, ulek sampai rata lalu tata iga diatas sambal, penyet sedikit dengan ulekan, taburi bawang putih goreng, sajikan segera dengan lalapan.


Selesai, iga penyet siap untuk dinikmati!

Pedesnya mantep, bikin sambelnya mau ditambahin tomat juga tambah sedapp, segerr. Makannya ditemani nasi hangat dan lalapan daun kemangi, ketimun serta daun kol. Alamakkkk.. pengen nambah terus jadinya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda.

Sumber