Berlangganan

Resep Genjer Balacan. Menu Favorit Dari Desa



Ada yang udah pernah makan genjer? Genjer, sayuran yang mirip eceng gondok namun sedikit lebih ‘licin’ atau slimy, genjer ini emang ngga mudah untuk dijumpai kayak kangkung atau bayam di pasar. Bahkan ngga semua orang tahu dan pernah mencicipi genjer. Maklum, sayuran yang satu ini dulu sering dianggap sebagai masakan orang kalangan bawah.

Padahal sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi serta memiliki rasa unik yang lezat setelah dimasak, lho! Bagian yang biasa dikonsumsi dari sayuran ini yaitu daun dan bunganya. Bunga yang dimaksud yaitu kuntum bunga berbentuk kuncup yang masih muda, belum mekar, dan empuk kalo ditekan dengan kedua jari, harganya pun murah meriah, genjer bisa di olah jadi tumisan pedas dengan tambahan bahan lain kayak ikan teri, udang, tempe, dan tahu. Juga ngga jarang jadi campuran untuk urap atau bothok. Hmm, ngebayangin aja udah membuat ngiler ya hehehee.... gimana kalo di coba dimasak balacan... pasti sedappp!

Oh ya ada resep agar masak genjernya lebih jossss ya. Jika suka, bahan-bahan untuk bumbu halus bisa diulek kasar biar kelihatan teksturnya, Genjer cukup dimasak sebentar aja ya biar teksturnya masih renyah dan warnanya hijau cantik, agar genjer gak kerasa pahit dan ketir caranya remas-remas sebentar pake sedikit garam sebelum dimasak lalu siram genjer dengan air panas hingga agak layu dan belilah genjer yang masih segar biar ngga mudah hitam saat dimasak dan rasanya pun jadi lebih nikmat.

Buat yang udah penasaran gimana cara mengolah genjer jadi makanan yang lezatt dan mantapp, yuk simak resep Melz Kitchen (Mellisa H) yang ini. Lets cook!

Bahan - bahan :

  • 500 gr genjer
  • 1 sdm kecap manis
  • secukupnya garam+kaldu jamur+gula+lada
  • Bumbu halus:
  • 2 bh bawang putih
  • 5 bh bawang merah
  • 5 bh cabe merah keriting
  • 1 sdt ebi

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih genjer, potong - potong lalu rebus sebentar untuk hilangin getah.


2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampe wangi. Masukan genjer aduk - aduk. Bumbui secukupnya garam+gula+kaldu jamur+lada. Masukan kecap manis. Aduk- aduk rata. Tes rasa. (Pemakaian garam dikit aja, karena ebi udah asin)


3. Voilaa...genjer balacan is ready!



Genjer Balacan sudah jadi, siap untuk disajikan dengan nasi hangat dijamin anda akan ketagihan dengan kenikmatannya!

Gimana bun, gampang dan simpel kan?

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber