Berlangganan

Resep Cilok Sambal Kacang. Sambelnya Mantep Bun!



Siapa yang enggak kenal sama cilok? Salah satu jajanan tradisional yang sampai sekarang masih populer. Kalo dulu sering dipadukan dengan saos tomat, kecap, dan sambal. Sekarang cilok hadir dengan bumbu kacang yang bikin rasanya makin mantap. Bunda tahu enggak kalo sebenarnya cilok itu jajanan khas dari Jawa Barat?

Nama cilok diambil dari kata aci dicolok. Makanan cilok ini punya bentuk bulat seperti bakso, cuma bahan dasar yang digunakan adalah tapioka yang membuat teksturnya jadi kenyal. Biasanya di dalam cilok diberi isian seperti telur atau cincangan daging, jadi rasanya lebih enak. Resep cilok sambal kacang ini udah gampang ditemuin, banyak juga orang yang jual cilok sambal kacang.

Biasanya yang suka jajanan cilok ini anak-anak Bunda, makanya enggak heran kalo yang jual sering banget ditemuin di kawasan sekolah anak-anak. Kalo sudah begitu, anak jadi suka jajan sembarangan. Nah, ada baiknya nih bikin cilok sambal kacang pas lagi ngumpul di rumah. Tapi cilok enggak cuma cocok buat momen sama keluarga aja kok, bahkan pas lagi ada hajatan atau arisan di rumah, jajanan cilok ini bisa jadi suguhan. Pasti banyak yang suka, selain karena unik rasanya juga sangat enak. Untuk isian, Bunda bisa kasih sesuai selera yang penting resep cilok sambal kacang punya rasa yang enak.

Bikin cilok sambal kacang sendiri di rumah irit ketimbang beli, selain itu Bunda juga bisa menyesuaikan porsi yang dibutuhkan loh. Karena bahan yang dipakai enggak susah dicari, jadi buat cilok sendiri di rumah enggak bakalan bikin ribet. Nih Bunda bahan sama langkah buat bikin resep cilok sambal kacang di rumah.

Bahan-bahan

  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 3/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 150 ml air panas (kurang lebih)

Bumbu Kacang

  • 3 sdm kacang tanah (goreng)
  • 1 siung bawang putih
  • 3 biji cabe rawit
  • 3-4 sdm kecap manis
  • 1 sdm bawang goreng
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya air panas

Langkah Membuat

1. Uleg bawang putih,garam,lada & kaldu bubuk...

2. Campur kedua tepung,tambahkan bumbu halus lalu tuang air panas sedikit demi sedikit aduk menggunakan centong kayu sampai adonan bisa dipulung...


3. Rebus air secukupnya sampai panas (kira2 ciloknya bisa terendam air),setelah air panas kecilkan api bentuk adonan cilok bulat2 lalu masukkan kedalam air panas lakukan sampai habis. Bila adonan sudah masuk di air panas semua besarkan api kompor didihkan air apabila adonan cilok mulai mengapung angkat & tiriskan...


4. Pindahkan cilok kedalam kukusan,kukus selama 10menit supaya matang sempurna...


5. Membuat saus kacang: Haluskan kacang setelah halus masukkan garam,cabe & bawang putih goreng uleg lagi sampai halus setelah halus pindahkan kedalam mangkuk,tambahkan air panas secukupnya (jangan keenceran) lalu tambahkan kecap terakhir masukkan bawang goreng aduk sampai rata...


6. Siap dinikmati..


Saran Penyajian

1. Letakkan cilok ke dalam mangkuk kecil.

2. Kemudian lumuri dengan sambal kacang.

3. Cilok sambal kacang siap dinikmati.

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep cilok sambal kacang sendiri di rumah. Daripada beli, memang rasanya lebih enak bikin sendiri kok Bunda. Rasanya bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda, isiannya juga bisa disesuaikan. Bikin cilok sendiri di rumah pasti lebih special. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Sumber