Berlangganan

Resep Chiffon Ketan Htam (Gluten Free)



Lagi seneng sama chiffon cake? Kali ini gluten free ya, cara bikinnya sama seperti resep chiffon yang kemarin cuma yang ini pakai tepung ketan hitam. Cara bikinnya gampang, cukup mixer semua bahan, irit bahan dan anti gagal.

anyway...resepnya bunda Susi Agung ini, boleh dicoba deh bunda. Bahan juga gampang didapatnya, di toko bahan kue ataupun di supermarket sudah tersedia semua. Sekali bikin dijamin pasti ketagihan dan galau abiss kalau besoknya gak coba bikin lagi. Apalagi kalau keluarga pada suka, pasti semangat buat baking lagi ya...tekstur chiffon yang lembut dan moist banget bikin semangat buat nyemil terus, gak cukup kalo cuma makan sepotong doank.

Walo perut lagi kenyang pun masih bisa nikmatin cake satu ini ya karena emang cake chiffon ini kan ringan bangget. Kalo cake yang lain kan berat-berat kalau keadaan lagi kenyang yah nanti dulu deh untuk makannya nunggu makanannya turun dulu. Terus ketam hitamnya rasanya itu lho special banget, merasa seperti makan bubur ketan hitam tapi dalam bentuk cake hehehe...

Yuk langsung simak aja cara membuatnya berikut ini :

Bahan - bahan :

  • 4 butir telur (pisah putih dan kuningnya)
  • 50 gram tepung ketan hitam
  • 50 gram tepung tepung beras
  • 85 gram gula pasir
  • 65 ml santan kental (me: santan kara 1 bungkus kecil)
  • 40 ml minyak goreng
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt air jeruk nipis

Langkah - langkah :

1. Siapkan semua bahan. Campur minyak sayur dan santan, aduk rata, sisihkan. Campur tepung ketan dan tepung beras, ayak, sisihkan.


2. Campur putih telur dengan garam dan air jeruk nipis, kocok sampai berbusa lalu tambahkan gula dalam 3 tahap, mixer sampai kaku.


3. Turunkan speed mixer, masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas sampai tercampur rata sebentar saja.


4. Masukkan tepung ketan hitam dan tepung beras yang sudah diayak, mixer kecepatan rendah sampai rata, terakhir masukkan campuran minyak dan santan, mix sebentar saja, matikan mixer.


5. Tuang kedalam loyang chiffon (me: ukuran 18 cm) tanpa dioles apapun, panggang dg suhu 170-180 darcel selama 35-40 menit tergantung oven masing2, keluarkan dari oven, telungkupkan loyang sampai dingin kurang lebih 1 jam.


6. Keluarkan cake dengan cara disisir pinggir dan tengahnya dengan pisau tipis dan tajam, potong-potong.


Yeaaayyy... Chiffon ketan hitam sudah jadi, siap untuk dihidangkan!!

Bisa jadi menu andalan pas ada arisan atau kumpul keluarga ya bunda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda.

Sumber