Berlangganan

Resep Bolu Caramel Sarang Semut Cantik Banget Tanpa Mixer 😍😉



Waktu berkumpul dengan keluarga memang menjadi hal yang sangat penting sebab momen-momen seperti itu dapat membantu hubungan keluarga tetap hangat. Tapi rasanya kurang pas jika Bunda enggak bikin cemilan ketika kumpul dengan keluarga. Nah, seperti yang kita tahu Indonesia kaya akan jajanan tradisionalnya yang bisa jadi hidangan ketika kumpul dengan keluarga.

Misalnya aja hidangan bolu caramel sarang semut yang bisa jadi cemilan enak untuk keluarga di rumah. Bolu caramel sarang semut juga termasuk salah satu jajanan tradisional Indonesia lho Bunda, cuma kurang banyak yang tahu sejarahnya. Nah, Bunda bisa mencoba membuat resep bolu caramel sarang semut sendiri di rumah agar rasanya lebih spesial untuk hidangan kumpul keluarga.

Sebenarnya enggak hanya cocok digunakan untuk hidangan kumpul dengan keluarga tetapi bolu caramel sarang semut juga pas disajikan untuk acara hajatan di rumah. Karena rasanya yang manis dan enak bisa bikin para tamu jadi lebih nyaman datang ke acara hajatan Bunda. Cara bikin bolu caramel sarang semut juga enggak terlalu repot kok, bahkan bisa menggunakan sedikit telur dan tanpa mixer untuk membuatnya. Memang jauh lebih praktis dan juga irit daripada harus membeli. Dengan membuat resep bolu caramel sarang semut sendiri di rumah Bunda juga bisa menyesuaikan dengan selera Bunda dan takaran yang pas untuk kebutuhan. Biasanya jajan ini sering sekali ditemui di pasar tradisional tapi kalau coba bikin sendiri di rumah pasti lebih enak rasanya.

Bahan yang dibutuhkan buat bikin bolu caramel sarang semut mudah untuk ditemukan di sekitar kita kok Bun. Langkah yang digunakan juga enggak terlalu ribet jadi akan membantu anda untuk membuatnya semakin mudah. Nah Berikut ini bahan dan langkah yang bisa Bunda ikuti untuk membuat resep bolu caramel sarang semut dirumah tanpa menggunakan mixer, hasilnya cantik banget loh:

Bahan-bahan:

  • 500 gr gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 5 btr telur ayam
  • 200 ml susu kental manis putih
  • 150 gr terigu
  • 150 gr tapioka / sagu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 200 gr margarin, lelehkan

Langkah Membuat:

1. Panaskan gula pasir diatas wajan dgn api kecil, biarkan sampai meleleh semua.


2. Tuangkan air panas sedikit2 aja karena nanti akan nggejos. Aduk pelan sambil tuang sisa air. Setelah rata matikan api. Dinginkan.


3. Lelehkan margarin, dinginkan.


4. Campur telur dan susu kental manis dgn whisker sampai rata.


5. Masukkan sepertiga bagian ayakan tepung dan bahan kering lainnya, aduk rata.


6. Masukkan sepertiga bagian karamel sambil diaduk, masukkan tepung kembali lalu karamel jadi selang seling ya...lakukan sampai semua habis.


7. Terakhir masukkan margarin leleh...pakai mentega boleh bgt ya, wanginya bakal lebih harum..tapi ini pake margarin jg enak banget loh, murah jg..


8. Tuang adonan ke loyang ukuran 22, saya loyangnya ternyata bocor agak deres di sambungan bawahnya karena adonan kan encer ya. Jadi saya tambal bawahnya pake tepung walopun masih bocor setidaknya mengurangi. Nanti saat dipanggang insyaAlloh berhenti krn mulai memadat.


9. Oven sampai matang, kalo saya sekitar 60 menit. Suhu 180 dercel. Jangan lupa tes tusuk ya pake lidi sate, kalo ada bekas lengket tandanya belum matang. Setelah matang tunggu agak dingin di loyang. Saya masih panas sudah dipaksa balik dikeluarkan jadinya gompel bawahnya. Keburu mendung, nanti gelap difoto..


10. Ini bagian atasnya


11. Taraa...alhamdulillah, kenyel, wangi karamel, enak bgt...sesuai ekspektasi hehe. Cobain ya, semoga berhasil.


12. Ini tutorial gridnya ya, smg membantu...


Saran Penyajian:


1. Kalau udah matang, bisa di potong dan diletakkan di piring saji.

2. Bolu caramel sarang semut sudah bisa dinikmati.

Itu dia beberapa bahan dan langkah untuk membantu membuat resep bolu caramel sarang semut di rumah tanpa harus menggunakan mixer. Rasanya juga akan nikmat enggak kalah dengan bolu caramel sarang semut yang sering dijual di pasar tradisional. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber