Berlangganan

Resep Balado Teri Pete. Penambah Nafsu Makan



Apa ada yang suka makan pete? Atau malah menolak mentah-mentah? Eittts.. tunggu dulu yang gak doyan pete, ternyata pete bisa digunakan untuk campuran berbagai macam masakan, entah dibikin sambal, nasi goreng, lodeh, tumisan, udang pete balado atau dibakar tetap saja dimakannya tanpa sisa.

Ya memang sih pete memiliki aroma bau yang tidak sedap, baunya cukup menyengat...tapi kalo udah dicampur dalam masakan dan pengolahannya pas rasanya lumayan enak cuma memang harus terima risiko nafas bau ya, hehehe... bagi yang tidak terlalu suka dengan pete dan tidak terlalu suka dengan bau pete mentah yang menyengat, ini ada cara pengolahan pete yang bisa di coba ya, bisa dengan cara dibakar, digoreng sekalian kulitnya atau dengan cara di rebus. biji petai jadi renyah, baunya berkurang dan aromanya sedap.

Oh ya ternyata pete punya segudang manfaat ya, patut untuk diketahui nih antara nya dapat membantu meringankan gejala depresi, dapat membantu memulihkan fungsi pencernaan, Cara tercepat mengatasi masalah mabuk, mampu membantu orang yang ingin berhenti merokok, untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Jadi bisa pikir-pikir lagi ya bun, kalo pete tuh menyehatkan.

Terus kalo Teri jengki itu asin, jadi kalo masak pake campuran ikan teri jengki jangan masak pake garam lagi ya. Karena nanti bakal kayak nyemil air lautt, asinnnn bangett hehehe...

Ngomongin masalah pete dan teri, enaknya 2 bahan ini dibikin balado teri pete pasti mantap banget ya. Ada resep ala Melz Kitchen (Mellisa H) yang bisa dicobain nih, salah satu menu yang bisa dijadikan menu pendamping sayur asam loh.. Nikmattt!

Gak usah pake lama, langsung ikutin cara bikinnya yukk

Bahan - bahan :

  • 200 gr ikan teri jengki (goreng kering)
  • 2 papan pete (kupas)
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 4 bh daun jeruk
  • secukupnya minyak (untuk menumis)

Bumbu Halus:

  • 10 bh cabe merah keriting
  • 2 bh bawang putih
  • 4 bh bawang merah
  • 50 ml air

Langkah - langkah :

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus+daun jeruk+pete. Masukan kaldu jamur+gula pasir+air jeruk nipis. Masak sampe agak mengental. Tes rasa.


2. Matikan api. Masukan ikan teri, aduk rata


3. Voilaa...Balado teri pete is ready! Cukup dimakan dgn nasi putih hangat. Sedaaapp!


Balado Teri Pete Sudah jadi, siap untuk dinikmati!

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Happy cooking😍

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga bermanfaat bagi sesama.

Sumber