Berlangganan

Resep Bakwan Pepaya Muda. Irit, Enak, Bikin Pingin Ngemil Terus 👍👍



Bakwan salah satu makanan tradisional Indonesia merupakan makanan gorengan yang biasanya dibuat dari sayur dengan tepung terigu dan mudah ditemukan di pinggir jalan. Bahan sayur yang bisa digunakan biasanya berupa taoge, kubis, dan wortel. Tapi Bunda juga bisa kok mencoba sayuran lain untuk dijadikan bakwan. Setelah ada sayuran baru dipadukan dengan tepung terigu dan beberapa bumbu biar rasanya jauh lebih nikmat.

Asal-usul bakwan sendiri sebenarnya dari Cina yang datang ketika perdagangan dan pertukaran budaya di Indonesia. Diambil dari kata ‘bak’ yang artinya daging, mungkin jaman dulu isinya pakai daging dan mengalami perkembangan dengan sayuran. Karena perkembangan zaman bakwan juga bisa dipadukan dengan sayuran lainnya, misalnya pepaya muda loh Bunda. Resep bakwan pepaya muda dijamin lebih irit kalau dibandingkan dengan menu sayuran lainnya. Apalagi kalau Bunda punya tanaman pepaya sendiri di rumah. Rasanya juga enggak jauh beda dengan sayuran yang lainnya kok Bun.

Bikin bakwan sendiri di rumah memang jauh lebih irit Bunda daripada harus beli. Belum lagi kalau bikin sendiri di rumah bisa dipadukan sesuai dengan selera Bunda dan keluarga loh. Bakwan cocok banget disajikan ketika sedang kumpul keluarga Bunda. Bahkan di beberapa daerah bakwan jadi suguhan ketika ada acara hajatan. Selain itu, enggak ada salahnya Bunda nyoba bikin resep bakwan pepaya muda buat di jual. Sekalian ngisi waktu luang buat dapet tambahan, kan lumayan juga Bunda.

Nah, kalau bikin sendiri di rumah sebenernya gampang banget bun. Bahannya juga gampang dicari, langkah bikinnya juga simple kok. Waktu bikinnya juga enggak makan waktu yang lama. Jadi Bunda enggak perlu susah payah. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep bakwan pepaya muda yang bisa di buat di rumah;

Bahan-bahan:

  • 2 genggam pepaya muda serut
  • 75 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung sagu (note : tep sagu boleh skip,bisa pakai tepung terigu ajj)
  • 1 siung bawang putih,cincang halus
  • 1 butir bawang merah,cincang halus
  • 1 btg daun bawang
  • secukupnya air
  • secukupnya garam,gula pasir,merica bubuk,ketumbar bubuk

Langkah Membuat:

1. Pepaya nya metik dikebun blkg rmh.


2. Dikupas..terus diserut.. kalo nda punya alat serut nya..bisa dicacah kasar pakai pisau..atau bisa juga dipotong korek..


3. Aduk semua bahan.. tingkat kekentalan adonan disesuaikan selera masing2 yepp.. goreng dehh sampai kecoklatan.


4. Hayuu ngemill lagii.. biar tambah gendutt lagii.


Itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep bakwan pepaya muda di rumah. Enggak susah kan?, bahan dan langkahnya juga simple. Untuk ukuran adonan bisa disesuaikan sama kebutuhan Bunda ya, ditambah atau dikurangi. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba. Terima kasih.

Sumber