Berlangganan

Panada Abon Tuna. Roti Goreng yang Mirip Pastel



Mungkin namanya agak asing dan aneh terdengar ditelinga ya resep jajanan ini tapi ini masih menu jajanan asli indonesia kok, panada merupakan kue khas dari Manado, sulawesi Utara. Dari beberapa makanan yang sering disajikan apabila berkunjung ke restoran-restoran makanan Manado atau apabila berkunjung ke Manado salah satunya ya kue panada ini.

Ternyata panada ini memang salah satu jajanan populer di manado ya, sedangkan kalau di manado sendiri panada disebut dengan empanada, yang artinya isian makanan (ikan, dll) yang dibungkus roti dan pada masa itu resep untuk membuat Panada awalnya dimiliki oleh Keluarga Besar Mandey yang adalah keturunan asli Minahasa.

Terus secara turun temurun ada cerita yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Belanda, ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Portugis karena bentuknya yang mirip kue pastel. Meski bentuknya mirip pastel tapi panada beda banget dengan pastel loh, panada bisa dibilang roti goreng. Panada ini biasanya memakai isian pampis tuna atau ikan cakalang, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja. Panada Rasanya pun gurih karena isian abon ikannya, dan rotinya terasa renyah di luar dan lembut di dalamnya. Rasanya enak dan unik pastinya...

Cobain yukk resepnya dari bunda Susi Agung ini ya kalo penasaran, tenang aja gampang kok bikinnya tinggal ikutin aja cara membuatnya berikut ya...

Bahan - bahan :

  • 250 gram terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 2 sdt ragi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 130 ml santan kental
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Isian:

  • Abon tuna/pampis tuna/cakalang pedas (sesuai selera)

Langkah - langkah :

1. Dalam baskom yang agak besar ayak terigu bersama baking powder, masukkan gula dan ragi, aduk rata, tambahkan telur dan garam, aduk rata, masukkan santan sedikit-sedikit (jangan langsung tuang semua, kalau dirasa sudah cukup hentikan), uleni adonan hingga kalis elastis, bulatkan, tutup dengan plastik wrap, diamkan 1 jam.


2. Kempiskan adonan, timbang masing-masing 35 gram lalu bulatkan, diamkan 15 menit.


3. Ambil bulatan adonan, gilas dengan rolling pin, isi dengan abon, tutup kembali dan pilin bagian pinggirnya dengan jari sampai rapi, lakukan sampai habis.


4. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai matang kecoklatan, angkat, tiriskan.


Panada abon tuna siap disajikan!!

Patut untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya ya, jangan sampai dilupakan karena kue satu ini termasuk warisan leluhur hehehe... selamat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Selamat mencoba, semoga resep ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman, kerabat, dan saudara yang lain ya bunda.

Sumber