Berlangganan

Nugget Pisang Keju. Anak-anak Suka Banget!



Nugget ayam, ikan, daging ataupun nugget sayur sangat disukai anak-anak ya Bund. Namun gimana dengan nugget pisang. Pasti makin ketagihan deh si kecil.

Nugget yang manis, chruncy, mudah, praktis dan bisa buat cemilan sambil bersantai dengan keluarga. Yuk bikin nugget pisang keju ala resep bunda Susi Agung ini. Daripada beli, harganya kan lumayan mahal ya hehehe.. mending bikin sendiri, terjamin kualitas dan Cara membuatnya pun mudah gak pakai ribet... bahan utamanya pun gampang banget kan ya didapat, pisang kepok, tepung terigu, dan telur. Bagi yang tidak suka pisang kepok bisa pakai pisang ambon, uli atau pisang raja.

Bahan - bahan :

  • 1 kg pisang kepok (hancurkam dengan garpu)
  • 4 sdm susu bubuk
  • 6 sdm tepung terigu
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 2 butir telur (kocok lepas)

Pelapis:

  • Secukupnya terigu dan air (campur sampai kental untuk pencelup)
  • Secukupnya tepung panir

Langkah - langkah :

1. Campur pisang lumat dengan terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan keju, aduk rata, masukkan telur, aduk rata kembali lalu taburi keju parut, aduk sampai semua tercampur rata.


2. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dialasi plastik (jangan diolesi minyak ya karena adonan nanti akan susah dibalut tepung panir)


3. Masukkan kukusan yang sudah mendidih, kukus selama 20-25 menit atau sampai matang.


4. Keluarkan dari kukusan, tunggu dingin baru dipotong-potong.


5. Celupkan kedalam adonan pencelup, gulingkan dalam tepung panir sampai rata, lakukan sampai selesai.


Note: adonan pencelup bisa menggunakan telur kocok saja, tapi bila tidak langsung habis dimakan lalu disimpan di kulkas biasanya baunya akan amis, karena saya buat dalam jumlah banyak takut tidak habis sekali makan, pencelupnya saya pakai terigu yang dilarutkan air saja, selain anti amis jatuhnya lebih ekonomis juga, hihihi...

6. Goreng nugget dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang kekuningan, angkat, tiriskan.


7. Bisa langsung disajikan begitu saja atau di celupkan coklat leleh juga lebih nikmat.


Nugget pisang keju Sudah jadi, siap untuk disajikan!
Kalo bikin nugget pisang kejunya diisi keju mozarella pasti lebih mantap lagi ya, Lelehan keju mozarella yang lumer di dalam nugget pisang memberikan sensasi berbeda pada saat gigitan pertama, gurih dan manis legit dengan kerenyahan tepung roti yang melumuri nugget pisang menambah cita rasanya ya bund. crispy di luar dan tetap lembut di dalam.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga bermanfaat bagi sesama.

Sumber