Berlangganan

KECIPUT Renyah a.k.a Onde-Onde Mini



Kue tradisional yang punya bentuk yang kecil sekali hap ini, rasanya yang manis dengan perpaduan gurih dari adonan santan emang layak untuk di jadikan idola dan cemilan favorit. Selain terkenal dengan nama onde - onde mini, kue ini ternyata punya julukan yang cukup unik, yaitu kue keciput.

Ciri khas dari kue keciput ini adalah bentuknya yang bulat kecil seperti kue onde onde. Hanya saja kalo kue onde- onde bentuknya lebih besar dan tekturenya basah dengan isian kacang hijau. Beda dengan resep kue keciput karena tektsurenya sangat kering dan renyah, cemilan asal Kudus ini terbuat dari tepung ketan, gula pasir, dan telur. Namun yang paling ikonik dari cemilan ini adalah taburan biji wijennya!

Cara bikin kue keciput tentu aja mudah banget dan praktis.

Oh iya, saat menggoreng kue ini harus di perhatikan pemakaian apinya ya, soalnya kalau pake api kebesaran kue ini bisa bantat. Jadi pake api kecil aja, yang bertujuan agar hasilnya renyah dan garing. Ato proses pembuatannya bisa 2× penggorengan, agar hasilnya renyah sempurna sampe kedalam.

Kue keciput enak banget kalo disajikan bareng secangkir teh hangat manis untuk cemilan di sore hari atau bisa juga disajikan buat hari raya nanti. Keluarga pasti suka!

Nah yang suka makan kue keciput, mari mariii bebikin. Resep aprilia_kitchen ini recomended banget, bahannya simpel dan prosesnya gak pake ribet. Di jamin ketagihan hehehe...

Bahan - bahan :

  • 200 gr tepung ketan rose brand
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1 butir telor
  • 50 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 120 ml santan kental (q pake kara 65ml+air)
  • 100 gr wijen putih
  • secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah - langkah :

1. Siapkan bahan- bahan


2. Kocok telor dengan gula pake whisk hingga tercampur rata kemudian masukan garam dan santan aduk rata, tambahkan tepung ketan, soda kue dan baking powder. Uleni hingga tercampur rata.


3. Bentuk bulatan kecil - kecil, karena nanti akan mengembang waktu digoreng. Kemudian gulingkan di wijen hingga rata.


4. Goreng dalam minyak dengan api kecil sampai kering/matang, kemudian angkat tiriskan


5. Kemudian ulangi lagi, goreng kembali dengan api agak besar, goreng hingga warna agak kuning kecoklatan. Kemudian angkat tiriskan.


6. Tadaaaaa, siap buat cemilan...


7. Renyah dan guriiiiih


KECIPUT renyah a.k.a onde- onde mini sudah jadi, siap untuk disajikan!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa like dan share resep ini ke teman, kerabat, dan keluarga yang lainnya ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber