Berlangganan

Sambal Krecek Telur Puyuh Kacang Merah. Warnanya Menggoda!



Ini dia masakan kesukaan bunda Indry Hapsari, Sambal Krecek Telur puyuh Kacang Merah. Semua pasti suka ya menu satu ini, menu indonesia banget. Menu dengan beraneka ragam bumbu dan rempah tapi ngga ribet alias gampang banget cara mengolahnya.

Daripada harus beli diluar, belum tentu bahan - bahannya dari kualitas yang terjamin bagus dan lagi lebih hemat kalo kita memasak sendiri. Hehehehee... prinsip buibu banget ya

Yukkk daripada panjang lebar, langsung simak aja bahan - bahan yang dibutuhkan dan cara pengolahannnya

Bahan - bahan

  • 1 mangkuk penuh krecek/kerupuk kulit sapi
  • 15 butir telur puyuh
  • 2 genggam kacang merah
  • 12 buah cabai rawit merah utuh
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 1 sdm udang kering
  • 1 bungkus santan segitiga sun kara
  • 250 ml air matang
  • secukupnya, garam, gula, kaldu bubuk sapi ( saya pake yang non MSG)
  • secukupnya minyak sayur untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 buah cabai merah uk. besar
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri ( goreng/sangrai )

Pelengkap : Bawang goreng untuk taburan ( tadi gak pake, lupa habis belum bikin lagi )

Langkah - langkah :

1. Siapkan semua bahan-bahan. Rebus kacang merah sampai empuk, tiriskan, sisihkan. Rebus telur puyuh sampai matang, kupas, lalu goreng telur puyuh sampai kecoklatan, sisihkan. Rendam udang kering dengan air panas beberapa saat. Lalu tiriskan, sisihkan.


2. Tumis bumbu halus menggunakan minyak sayur sampai harum, lalu masukan daun jeruk dan lengkuas, aduk rata, kemudian masukan udang kering, aduk rata kembali. ( Usahakan udang kering jangan di skip ya, karena ini yang bikin sedeep sambal kreceknya )


3. Masukan kacang merah yang sudah direbus sebelumnya, lalu beri air, masak sampai mendidih.


4. Masukan telur puyuh yang sudah digoreng sebelumnya, lalu masukan santan, beri garam, gula pasir dan kaldu bubuk sapi, aduk rata, kemudian masukan krecek/kerupuk kulit sapi, aduk rata kembali.


5. Masukan cabai rawit merah, masak sampai kerupuk lunak dan air menyusut/keluar minyaknya. Tes rasa ya.


6. Sambal krecek telur puyuh kacang merah siap disajikan bersama nasi hangat. Gurih, pedas, sedep. Dijamin bikin nambah deh 😂😄


Menikmati masakan sambal krecek telur puyuh kacang merah, sebagai hidangan spesial di keluarga tercinta. Mari memasak sehat, silahkan bagikan resep berikut ke teman atau saudara juga ya.

Sumber