Berlangganan

Resep Tumis Tahu, Wortel, Tauge Spesial Untuk Keluarga



Masak dengan cara tumis mungkin sudah bukan hal yang asing lagi ya Bunda. Tumis sebenarnya teknik memasak yang dilakukan dengan cara yang cepat tapi pakai minyak sedikit dan api yang besar. Biasanya, yang ditumis adalah bumbu, kemudian baru deh dimasukkan beberapa bahan masakan berupa sayur atau lauk pauk.

Alhasil, banyak banget orang yang bilang masakan mereka adalah masakan tumis, misalnya aja tumis kangkung, tumis wortel, tumis tempe, dan masih banyak bahan yang lainnya. Kurang jelas darimana asal-usul nama tumis, tapi yang jelas sudah melegenda di Indonesia dan sering banget dipakai buat menu makanan keluarga oleh para Bunda. Nah, salah satu jenis tumis yang banyak disukai adalah resep tumis tahu wortel tauge.

Bahan-bahan yang digunakan untuk tumis biasanya memang bahan-bahan yang sederhana berupa sayuran, tahu tempe, daging ayam, dan masih banyak yang lainnya. Rasa dari tumis yang khas bikin makanan ini jadi banyak yang suka. Nah, kalo anak Bunda susah makan sayur, coba aja masak tumis tapi diberikan beberapa jenis sayuran dan bahan makanan yang ia sukai. Dengan hidangan tumis dari bahan dasar yang disukai anak-anak, biasanya nafsu makan mereka akan bertambah loh Bunda. Enggak cuma buat keluarga, tapi resep tumis tahu wortel tauge juga cocok disajikan untuk acara hajatan.

Bikin tumis sendiri di rumah enggak susah kok Bunda, soalnya bahan yang dipakai juga enggak terlalu ribet nyarinya. Kalo Bunda bisa bikin sendiri buat masakan keluarga pasti rasanya spesial. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep tumis tahu wortel tauge di rumah Bunda.

Bahan-bahan

  • 6 Tahu kotak (potong bagi 4)
  • 1 genggam tauge
  • 1 wortel
  • 1 tangkai daun bawang
  • 2 cabai merah keriting
  • 1/2 sdm saos tiram
  • Garam
  • Lada
  • Kecap
  • Gula (selera)

Bumbu Halus

  • 4 bawang merah
  • 2-3 bawang putih (selera)

Langkah Membuat

1. Siapkan semua bahan, potong tahu, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan cabai.


2. Goreng tahu, angkat, tiriskan.


3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.


4. Masukkan cabai merah keriting.


5. Tambahkan wortel, tumis.


6. Beri sedikit air, kemudian masukkan tahu dan daun bawang, tambahkan garam, kecap dan saos tiram.. bisa tambahkan gula jika suka.


7. Aduk terus cek rasa hingga pas... Kemudian setelah air agak sat,, masukkan tauge... Aduk kembali, (masukkan tauge ketika menjelang diangkat.. supaya tauge tetep kres dan tidak layu).


Saran Penyajian

1. Setelah matang, letakkan dalam mangkuk saji.

2. Taburi bawang goreng jika Bunda suka.

3. Tumis tahu wortel tauge siap dinikmati

Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep tumis tahu wortel tauge di rumah. Bener-bener enggak ribet kan Bunda? Kalo masak di rumah, bahannya bisa diganti sesuai selera Bunda. Kalo mau nambah porsinya, Bunda bisa kok nambah takaran bahan-bahannya. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber