Berlangganan

Resep Tongkol Pindang Bumbu Rica - Rica. Aroma Bumbunya Bikin Lapeeeerr 👍



Rica - rica biasanya dibuat dari daging ayam, bebek tapi kali ini kok pake tongkol pindang? Emang enak? Duhhhh.. jangan salah, rasanya enak dan nikmat banget. Resep ini patut untuk dicobain dirumah, resep ini milik bunda Indry Hapsari yang masakan - masakannya semua bikin ngilerr untuk dicobain satu persatu. Salah satunya ya ini, Tongkol Pindang Bumbu Rica - Rica.

Membayangkannya saja, perut udah langsung keroncongan rasanya. Jadi jangan lewatkan untuk mencobanya dirumah ya bunda - bunda sekalian. Bahan - bahan yang dibutuhkan gampang kok, dan bumbu - bumbu yang dibutuhkan pasti semua sudah tersedia didapur. Jadi tunggu apalagi, langsung catat bahan - bahan dan cara pembuatannya ya bunda. Berikut ini resepnya

Bahan - bahan :

  • 200 gr tongkol pindang potongan
  • 2 lembar daun pandan uk. kecil, iris-iris
  • 8 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris-iris
  • 2 batang daun bawang, iris-iris
  • 1 batang besar serai, memarkan
  • secukupnya garam, gula pasir, merica dan kaldu bubuk ayam ( saya pakai yang non msg )
  • secukupnya air matang
  • secukupnya minyak sayur untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, goreng/sangrai
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 8 buah cabai rawit merah ( cabai setan )
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 2 ruas jari kunyit, pilih yang tua supaya bagus warnanya
  • 1 buah tomat merah uk sedang

Langkah - langkah :

1. Goreng tongkol pindang sebentar saja ( jangan sampai kering nanti jadi keras malah gak enak ) angkat, tiriskan, sisihkan.


2. Tumis bumbu halus dan batang serai menggunakan minyak sayur sampai harum. Lalu masukan irisan daun pandan dan daun jeruk, aduk rata. Masak beberapa saat sampai bumbu matang. Lalu tuang air, biarkan sampai mendidih. Beri garam, gula pasir, merica dan kaldu bubuk ayam, aduk rata. Kemudian masukan tongkol, aduk rata kembali, masak sampai bumbu meresap. Terakhir masukan irisan daun bawang, aduk merata. Tes rasa. Siap disajikan.


3. Sajikan bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. MasyaAllah ini bumbunya endeuss. Aku baru nyoba bebikin bumbu begini yang pake daun pandan. Ternyata bikin aromanya jadi tambah sedep 👍😍.


Walaupun masakannya sederhana tapi kalo memasaknya dengan rasa cinta dan kasih sayang, pastinya dari yang masakan sederhana menjadi sebuah masakan yang begitu istimewa. Selamat mencoba.

Sumber