Berlangganan

Resep Tempe Bacem endeuuss



Banyak yang mengenal masakan bacem karena menu ini lekat dengan ciri yang enak, manis, gurih dan lezat banget. Bacem awal mulanya berfungsi untuk mengawetkan makanan, bahan makanan yang biasa dimasak dengan cara dibacem adalah: ayam, tempe, telur rebus, bebek, ato puyuh.

Bacem ini gampang banget untuk di buat dan dapat disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 3 hari. Bacem merupakan sebutan jawa untuk makanan yang dimasak dengan bumbu kecap dan direbus hingga bumbu kecap meresap ke dalam bahan makanan. Bacem sendiri sangat populer di daerah Yogyakarta dan jawa tengah ya karena kota ini emang terkenal dengan masakannya yang manis dan gurih.

Tempe bacem ini cocok banget dinikmati untuk teman santap siang ato santap malam hari nih moms. Manis - manis menggoda. Lezat dan aromanya tempe bacem semakin menggugah selera makan.

Oh ya kalo membuat tempe bacem ini, bisa menggunakan air biasa untuk mengungkep tapi kalo ingin hasilnya lebih gurih lagi bisa juga pake air kelapa ya.

Udah gak sabar lagi untuk segera membuatnya, berikut resep praktisnya ala moms Indry Hapsari

Bahan - bahan :

  • 2 papan tempe ukuran sedang (saya potong tebal jd 16 pcs)
  • 4 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 800 ml air
  • 4 bongkah kecil gula merah
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dalam 100 ml air panas
  • Secukupnya garam, gula pasir, merica
  • Secukupnya kaldu jamur (tambahan dari saya)
  • Secukupnya minyak sayur untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas jempol lengkuas

Langkah - langkah :

1. Siapkan semua bahan


2. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukan daun salam dan serai, tumis lagi sampai matang. Kemudian masukan air, air asam jawa dan irisan gula merah. Aduk rata. Beri garam, gula pasir, kaldu jamur dan merica. Aduk rata kembali.


3. Tes rasa. Kalau sudah pas. Masukan potongan tempe. Ungkep sampai air susut. Lalu tutup dan diamkan kurleb 30 menit agar bumbu meresap sempurna. Goreng dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya sebentar saja. Sampai tempe coklat keemasan. Angkat, tiriskan.


4. Sajikan hangat sebagai lauk teman nasi bersama sambal dan sayuran sebagai pelengkap.


Selamat menikmati Tempe Bacem endeuuss!

Yuk cobain bikin moms. Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber