Berlangganan

Resep Semur Betawi Enak Dan Nendang Banget



Bunda kalau hobinya di dapur pasti udah sering dengar tentang masakan semur. Nah, di Indonesia semur udah jadi makanan yang enggak asing lagi loh Bunda. Semur sendiri jadi masakan yang diolah dengan warna cokelat pekat. Bahannya juga enggak terlalu banyak dan sering ditemukan di banyak toko. Kecap manis yang dibuat dari kedelai hitam akan menjadi bahan yang paling penting, soalnya fungsinya untuk menguatkan cita rasa dari masakan semur.

Meskipun begitu rasanya harus menyatu dengan bahan yang lainnya, jadi harus pas takarannya. Banyak banget variasi semur yang ada di Indonesi. Salah satu semur yang terkenal ada semur betawi. Sebenernya sama aja kayak semur yang lainnya, cuma bahan utama yang dipakai berbeda. Resep semur betawi enggak harus pakai daging sapi dan kentang kok, Bunda juga bisa pakai tahu, tempe, telur, jengkol ikan, dan masih banyak lagi bahan lainnya. Gampang kan, tinggal disesuaikan aja dengan selera Bunda dan keluarga.

Selain rasanya yang enak dan khas, sekalipun warnanya coklat gelap tapi banyak juga para Bunda yang sering masak semur nih di rumah. Kalo sesekali Bunda masak semur dan ganti bahan utama sama makanan yang disukai keluarga pasti lebih enak. Bukan cuma buat suguhan orang rumah aja sih, tapi kalo lagi pas ada tamu atau teman arisan juga bisa. Bahkan buat hajatan juga pantas-pantas aja kok. Resep semur Betawi yang khas bisa bikin para tamu undangan ketagihan karena rasanya yang nendang banget.

Nah, kalo Bunda belum pernah buat, coba aja buat di rumah. Bahan yang dipake juga enggak sulit buat dicari kok. Barangkali keluarga Bunda suka bisa jadi ajang ngumpul bareng keluarga dan makan semur buatan Bunda, pasti bisa jadi momen yang special. Berikut ini resep semur Betawi yang bisa Bunda ikuti di rumah.

Bahan-bahan

  • 1/2 kg telur
  • 5 potong tahu
  • 5 buah kentang dikupas (bisa diganti daging atau ayam)

Bumbu Halus

  • 8 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 sdt lada
  • 2 sdt ketumbar
  • Sedikit biji pala
  • Sedikit jintan

Bumbu Lainnya

  • 1 batang sereh, salam, laos
  • Secukupnya garam, penyedap
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis
  • Secukupnya air
  • 1/2 gelas belimbing kecap, sesuai rasa

Langkah Membuat

1. Rebus telur sampai matang, kupas lalu goreng bulat-bulat, sisihkan.

2. Goreng tahu bulat-bulat lalu sisihkan.

3. Kupas kentang, goreng lalu sisihkan.

4. Tumis bumbu halus, sampai harum, masukkan salam, laos, dan sereh. Aduk sampai masak. Tambahkan air dan kecap aduk rata.


5. Masukkan telur, tahu, dan kentang yang sudah digoreng. Masak hingga menyerap dan mengental kuahnya.


6. Beri garam dan penyedap, koreksi rasa.


7. Siap disajikan.


Saran Penyajian

1. Letakkan beberapa bagian dari semur yang sudah matang pada mangkuk hias.

2. Sajikan bersama dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

3. Semur betawi sudah bisa dinikmati dengan keluarga.

Itu dia resep semur Betawi, gampang banget kan? Bahan yang digunakan enggak terlalu banyak, langkahnya juga enggak terlalu sulit. Nah, Bunda bisa membuatnya kapan saja. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber