Berlangganan

Resep Sawi Hijau Kuah Pedas Manis



Mau masak sayur tapi dikulkas tinggal sawi hijau aja, galau mau ditumis atau dibikin sup..alhasil ditumis aja deh pengen makan siang yang agak pedas pedas. Hehehe. isiannya bisa sosis atau bakso yaa atau bisa dua - duanya juga..enaakk semua. Tumis memang lebih cepat ya bunda habis itu tinggal mau di buat berkuah atau kering kuah sedikit.

Sedikit ulas ya bunda tentang manfaat dan Kandungan Sawi. Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.

Nah mudah membuat nya dan bahan nya mengandung vitamin , serat juga tentunya. Jangan lupa juga perhatikan waktu memasaknya ya bunda biar gak hilang kandungan vitaminnya. Yuk di coba resep sawi dari bunda Kadek Anita ini.

Bahan-bahan :

  • 1 ikat sawi hijau
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 7 bh caber rawit setan
  • 2 sosis sapi
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 ruas jari gula jawa
  • 1 sdt kecap manis
  • 1/2 sdt garam, kaldu bubuk

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih sawi dan potong. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabe. Potong bulat pipih sosis.


2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu masukkan cabe, tumis sampai layu.


3. Masukkan sedikit air untuk kuahnya dan tambahkan gula jawa diamkan sampai air berbuih.


4. Masukkan sawi hijau.


5. Setelah agak layu tambahkan kecap manis, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata masak sampai sawi matang dan koreksi rasa.


6. Sawi hijau siap dihidangkan dengan nasi putih dan lauk lainnya.


Jangan lupa untuk mencoba resepnya ya dan yuk jangan lupa share resep nya dan hasil nya ke teman, atau kalau pun bunda ada modifikasi atau tambahan dari resep ini, share juga ya.

Sumber