Berlangganan

Resep Sate Usus Bakar. Ludes Dalam Sekejap!



Bosan dengan masakan daging ayam atau ikan? Cobalah buat masakan lain yang rasanya gurih serta enak. Salah satunya usus. Udah pernah makan sate usus ? usus ayam juga bisa dijadikan sate loh, rasanya ngga kalah enaknya kayak yang terbuat dari daging. Walo ada sebagian orang yang gak begitu suka dengan usus, tapi aslii ini enak banget. Bakalan nyesel kalo ngga coba mencicipi. Hehehe...

Resep masakan Sate Usus ayam yang enak dan lezat merupakan salah satu kuliner yang terpopuler di Indonesia. Sate usus yang gurih bikin nagih bisa dibuat dengan bumbu ketumbar yang enak dan pedasnya cabe gak krasa bikin ketagihan. Sate usus ayam ini banyak banget yang suka mulai dari anak-anak sampe orang tua.

Resep moms Riska Dwi A bisa dicobain, keluarga pasti ngga akan ada yang komplain karena rasanya enak banget sate usus bakar ini. Yukk cobain ya moms, berikut resepnya

Bahan - bahan :

  • 1/2 kg usus ayam

🍝Bumbu Halus🍝

  • 5 buah cabe merah besar,buang bijinya
  • 11 buah cabe rawit
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 ruas jari lengkuas
  • 1 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar

🍝Bumbu Tambahan🍝

  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam untuk bumbu
  • 5 lembar daun salam untuk merebus usus
  • 6 sdm minyak goreng
  • 400 ml air
  • Secukupnya garam dan gula pasir
  • Secukupnya air untuk merebus usus

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih usus, tadi saya ulangi sampe 3 kali, kemudian rebus sampai mendidih, buang airnya. Ngrebusnya juga saya ulangi 3 kali, yang terakhir rebus dengan 5 lembar daun salam, rebus sampai empuk kemudian tiriskan


2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, sereh, daun jeruk, daun salam hingga harum


3. Kemudian masukkan usus, aduk rata


4. Tambahkan air, gula dan garam, masak hingga bumbu meresap dan air menyusut, tes rasa. Tunggu hingga dingin, lalu tusuk - tusuk dengan tusukan sate


5. Panaskan teflon, letakkan sate di atasnya, panggang sambil di bolak balik dan agak - agak kehitaman atau sesuai selera


6. Siap di sajikan


Sate Usus Bakar sudah jadi, selamat menikmati!

Selamat mencoba dan berkreasi.

Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber