Berlangganan

Resep Sate Klopo / Sate Daging dan Kelapa



Udah pernah icip - icip yang namanya sate klopo? Kalo dari nama nya unik banget ya, emang kuliner satu ini adalah kuliner unik yang terkenal berasal dari surabaya yang patut untuk di coba, sate klopo ato sate kelapa ini enak banget, gurih serta nikmat perpaduan dari daging sapi dan daging kelapa. Sate klopo yang terkenal di surabaya adalah sate klopo ondomehan milik bu Asih.

Yang namanya sate emang hampir mirip di mana aja ya, tapi kalo Sate Klopo ini agak beda dikit. Diliat dari namanya aja mungkin udah bisa ditebak kalo sate ini pasti ada perpaduan antara daging sapi dengan daging kelapa ya. Ya emang benar banget, sate ini terbuat dari perpaduan antara daging kelapa yang udah disangrai dan dikasih bumbu dicampur sama daging sapi, trus dibentuk bulat-bulat dan dibakar. Membakarnya juga ngga sampe hangus banget kayak sate pada umumnya. Untuk mencicipi sate klopo ini dibandrol harga Rp 20.000/ porsinya, sate ini enak banget kalo dimakan pake sambal kecap.

Nah... daripada harus jauh - jauh ke surabaya, mending buat sendiri dirumah kan moms. Bisa mencoba resep milik moms aprilia_kitchen ini, dijamin gak kalah nikmatnya kok. Yuk simak

Bahan - bahan :

  • 300 gr daging sapi mix sama lemak lebih enak
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk (q pake kaldu jamur)
  • 200 gr kelapa parut
  • bumbu halus klopo/kelapa:
  • 2 cabe merah besar (kalo gede banget pake 1 cukup)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 cm kunyit
  • 4 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 sdt gula merah sisir
  • secukupnya gula dan garam

Pelengkap:

  • sesuai selera lontong/ketupat
  • sambel sate saus kacang

Langkah - langkah :

1. Potong - potong daging sesuai selera, cuci bersih, tiriskan kemudian lumuri dengan kaldu bubuk dan garam, 15 menit.


2. Haluskan bumbu klopo, kemudian campur dengan kelapa parutnya, aduk rata. Kemudian balurkan pada daging sapinya hingga terbalur rata


3. Tusuk - tusukkan ditusuk sate, lakukan hingga habis. Kemudian bakar


4. Bakar sate sampai matang, q pake panggangan yang berputar diatas kompor seperti digambar yaa.. sambil dibolak balik agar matang merata, angkat


5. Sajikan sate dengan lontong/ketupat,,, q pake ketupat


6. Kalo mau pake saus kacang seperti sate pada umumnya juga enak, tapi q gak bikin, q pake sambal kecap dengan potongan cabe dan bawang merah, ehe....


7. Mantapp


Sate klopo/sate daging dan kelapa sudah jadi, selamat menikmati!

Selamat mencoba, happy cooking.

Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama.

Sumber