Berlangganan

Resep Sambal Sari Laut / Kemangi



Yang namanya makan itu emang ngga bisa jauh - jauh dari sambal, kebiasaan orang indonesia pada umumnya kalo makan tanpa sambal tuch berasa makan tanpa garam, hambar. Apalagi kalo sambalnya sedeppp dan wanginya ngga ketulungan kayak sambal sari laut/kemangi ini, siapa juga yang bakal nolak ingin mencobanya. Walo pada awalnya mungkin takut nanti kepedasan tapi pada akhirnya malah ketagihan dan nasi jadi bisa nambah terusss, duhhhh... ngga berasa porsi nasi udah 2 porsi aja tuh...hehheheee.

Resep sambal sari laut / kemangi ala bunda Indry Hapsari ini emangg juaraa banget rasanya, patut untuk dicoba. Suaminya aja udah nagsih jempol dan koment kalo sambal bikinan istrinya ini udah ngga kalah sama yang di warung pecel. Nampollll abiiiez, mantaapp.

Yukkk...ayookkk...bunda sekalian dirumah juga mencoba juga, kalo ngga mau pedas. Porsi cabe tinggal di setting sesuai selera aja, cara bikinnya gampang, cepat dan praktis serta bahan - bahannya pasti dirumah selalu tersedia. Dijamin selera makan langsung naik 100%, untuk acara dietnya ditunda dulu lah ya, ngga tahan ngga nambah nasi. Makan ayam goreng, ikan goreng, tempe atau tahu goreng terus cocolannya sambal sari laut / kemangiii. Ulalalaaaaaa... ampun juaranya. Makan menu sederhana tapi menyehatkan dan makan semakin bergairah.

Bahan-bahan

  • 20 buah cabai rawit merah, iris-iris
  • 1 sdt terasi bakar
  • 3 siung bawang putih, iris-iris
  • 5 tangkai kemangi, petiki daunnya saja
  • 1 1/2 buah tomat merah
  • secukupnya garam, dan kaldu bubuk (sy pk yg non msg)
  • sedikit gula pasir (tambahan dari saya)
  • 5 sdm minyak sayur untuk menumis

Langkah - langkah :

1. Siapkan bahan-bahan, saya pakai 2 macam cabai rawit, cabaibrawit setan (orange) dan cabai brawit thailand (merah)


2. Goreng bawang putih iris mnggunakan minyak sayur sampai kuning dan harum, angkat, sisihkan


3. Lalu goreng cabai iris dan terasi sebentar saja, masukan potongan tomat dan daun kemangi, masak sampai tomat layu. Angkat.


4. Ulek bawang putih goreng sampai halus, lalu masukan tumisan cabai terasi, tomat, kemangi, dan bumbu. Kemudian ulek kembali semuanya sampai tingkat kehalusan yg diinginkan. Tes rasa. Siap disajikan


5. MasyaAllah ini syedeep banget. Menurut aku mah sama ama sambal pecel lele/ayam yg dijual dipinggir jalan. Pokoknya endeuuss 👍👌.


Jangan lupa berbagi ya kalo sudah mencoba, selamat berkreasi dan happy cooking.

Sumber