Berlangganan

Resep Sambal Matah Khas Bali Mantap, Pedesnya Maknyoss!!



Bali enggak cuma punya pantai indah yang cantik buat liburan loh Bun, tapi ada juga beberapa kulinernya yang wajib untuk dicoba kalo Bunda sama keluarga lagi liburan di Bali. Nah, salah satu kuliner yang terkenal banget dari Bali itu ada sambal matahnya. Yap, sambal matah ini emang aslinya dari Bali, sebenernya bisa diartikan sambal mentah.

Sambal matah emang udah terkenal dimana-mana, soalnya rasanya udah khas dan banyak yang suka. Resep sambal matah juga bisa ditemukan di beberapa daerah yang lainnya sebagai menu makanan yang disajikan. Soalnya rasanya emang khas, tapi Bunda bisa coba sendiri di rumah kok, daripada beli.

Kalo keluarga pada doyan sama makanan pedes, pasti bikin sambal matah bukan keputusan yang salah. Buat sajian makan sama keluarga cocok banget Bunda, jadi momennya semakin tambah hangat waktu makan sama keluarga. Tapi sambal matah enggak cuma cocok buat menu makan keluarga aja kok, Bunda juga bisa ngasih menu sambal matah waktu ada hajatan di rumah. Karena cita rasanya yang khas, pasti banyak tamu yang suka banget sama menu sambal matah. Jadi enggak bakalan rugi, apalagi kalo Bunda masak resep sambal matah sendiri, jadi bisa diperkirakan tuh seberapa pedas dan seberapa banyak porsi yang dipakai.

Bikin sambal matah sendiri di rumah enggak susah kok Bun, apalagi bahan yang digunakan juga enggak banyak dan gampang dicari. Jadi enggak bakalan bikin Bunda repot. Sambal matah juga cocok kok digabungin sama masakan yang sederhana misalnya seperti ikan, ayam, tahu, dan beberapa olahan bahan lainnya. Berikut ini ada bahan dan langkah resep sambal matah yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan

  • 20 buah rawit merah
  • 15 siung bawang merah
  • 5 batang sereh
  • 2 buah tomat merah
  • 4 buah tomat hijau
  • 10 lembar daun jeruk
  • 6 buah jeruk nipis
  • 1 botol minyak kelapa (ini sekitar 100-150 ml)
  • 1 sdt garam
  • 1.5 sdt gula

Langkah Membuat

1. Iris bahan2 diatas. Untuk sereh, potong di bagian putihnya saja dan daun jeruk, buang batang tengah ya, jeruk nipis sisihkan buat terakhir.


2. Campurkan minyak kelapa dan garam, gula.


3. Remas dengan tangan yang kita sarungi plastik agar merata.


4. Jika sudah rata, kucuri dengan jeruk nipis.


5. Segerrrrrr.


Saran Penyajian

1. Nah, kalo udah jadi bisa ditarok dimangkuk kecil Bunda.

2. Terus disajikan sama lauk dan nasi hangat.

3. Rasanya pasti mantap, selamat menikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep sambal matah di rumah. Enggak susahkan?, kalo bikin sendiri di rumah bakalan lebih irit dan lebih enak Bunda. Jadi bisa bikin sedikit atau banyak sesuai porsi orang rumah. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber