Berlangganan

Resep Sambal Bajak. Pedassnya Bikin Semangat!


Indonesia itu dikenal banyak banget kuliner masakan nya, dari berbagai daerah di setiap provinsinya pasti punya salah satu kuliner yang jadi ciri khasnya masing-masing, salah satunya adalah sambal. Sambal yang paling populer di jawa timur ya Sambal Bajak, tak bisa dipungkiri sambal bisa membuat lidah bergoyang, membangkitkan selera makan dan ketagihan. Ibaratnya Walaupun hanya punya nasi hangat aja, ketika dimakan bareng sambal bajak ini, rasa nikmat pun ngga bisa di hindari lagi. Pedas, tapi nikmat dan menyegarkan

Siapa sih yang ngga tahu kalo cabe yang digunakan sebagai bahan utama membuat sambal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Pasti pencinta cabe tahu ya, kandungan utama dari cabe adalah capsaicin, yaitu senyawa yang membuat rasa pedas cabe, diyakini para ahli gizi sebagai zat yang banyak khasiatnya.

Oh ya kalo mau bikin sambal bajak ini ngga ada trik khusus loh karena membuatnya gampang banget. Tapi kalo masih ragu, resep aprilia_kitchen ini mungkin bisa membantu moms sekalian biar lebih pede ya membuat sambal bajak pedass yang superr nikmat dan maknyusss... yuk simak langsung resep berikut ini

Bahan - bahan :

  • 27 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 3 buah tomat
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 1 sdt kaldu bubuk (q pake kaldu non MSG)
  • secukupnya garam
  • 1 btg sere (optional)
  • 6 sdm minyak goreng

Langkah - langkah :

1. Cuci bersih cabe, bawang merah+putih dan tomat, kemudian potong - potong..


2. Rebus dengan air secukupnya sampai lunak, air dikira - kira saja karena nanti sedikit sisa air rebusan sekalian dipake saat menghaluskan sambal/saat diuleg.


3. Haluskan bahan sambal tambahkan terasi, bumbui gula garam dan kaldu bubuk, q pake uleg manual jadi harus sabar sampai halus, Kalo mau diblender juga bisa.


4. Kemudian tumis sambel halus, sere (bole tidak pake) dengan minyak diwajan anti lengket agar tidak cepat gosong, masak dengan api kecil sesekali sambil diaduk, tumis/gongso sampai tanak, dan air tomat terserap dan warna sambal mulai merah gelap,, matikan api.


5. Kalo sudah dingin atau uap panas hilang, bisa dimasukan toples kecil/tempat kedap udara untuk persediaan


6. Simpan dalam kulkas akan lebih awet, simpan suhu ruang juga bisa. Untuk persediaan 2-3 hari aman - aman sajjaa


7. Selamat mencoba..


Selamat menikmati dan selamat berkreasi!

Jangan lupa share ke saudara dan kerabat yang lain ya moms. Semoga resep ini bermanfaat bagi sesama

Sumber