Berlangganan

Resep Risoles Mayonnaise Gurih. Tinggal Simpen Di Kulkas. Goreng Kapan Aja.



Belakangan ini risoles jadi salah satu cemilan yang banyak disukai dan populer loh Bunda. Rasanya memang enak sih, tapi risoles bukan makanan asli dari Indonesia. Dalam Bahasa Belanda risoles ini disebut rissole yang merupakan makanan pastry dengan isi daging. Biasanya yang dipakai daging cincang, terus ada bahan sayuran juga dan dibungkus sama dadar.

Hidangan ini punya ukuran yang kecil tapi rasanya enggak kalah sama jajanan yang lainnya kok. Risoles awalnya dikenal di abad ke-13. Waktu itu makanan ini hanya sekedar makanan sederhana dan enggak pakai bahan yang banyak. Beda banget sama riloes jaman sekarang yang makin berkembang kayak resep risoles mayonnaise.

Nah, kalo jaman sekarang bahan yang dipakai buat isi risoles emang lebih banyak Bun. Misalnya aja nih ada daging ayam, daging sapi, daging ikan, dan masih banyak banget lainnya. Selain jenis daging, ada juga jenis sayuran seperti buncis, wortel, kentang, jamur, dan lainnya. Karena bahan yang dipakai beragam, rasa dari risoles ini enak banget. Jadi enggak heran kalo sampai populer. Risoles enggak Cuma bisa dicemil pas lagi sama keluarga, tapi juga bisa dipakai buat sajian waktu ada hajatan Bun. Dijamin semua tamu pada suka, apalagi kalo yang disuguhin resep risoles mayonnaise pasti lebih enak lagi.

Bikin risoles sendiri rumah sebenarnya enggak susah kok Bun dan banyak banget keuntungan yang bisa didapat. Jadi Bunda bisa irit kalo bikin sendiri di rumah, terus bahan yang dipakai juga bisa disesuaikan sama selera keluarga. Risoles juga bisa disimpen di kulkas loh Bun, jadi enak dari pada beli. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep risoles mayonnaise di rumah.

Bahan-bahan

Bahan Kulit:

  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung sagu / tapioka
  • 1 bgks dancow bubuk putih
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml air

Bahan Isian:

  • 4 buah sosis, iris tipis
  • 3 butir telur rebus, potong2

Bahan Campuran Mayonaise:

  • 180 gr mayonaise
  • 35 gr keju cheddar
  • 1 sachet Susu Kental Manis

Langkah Membuat

1. Campur semua bahan kulit, aduk dg whisk hingga rata, halus dan tidak bergerindil.


2. Ambil 1 sendok sayur adonan kulit, lalu buat dadar2 tipis diteflon. Lakukan hingga adonan habis. Sisakan satu mangkuk kecil adonan, untuk bahan pencelup nanti.


3. Aduk rata bahan campuran mayonaise nya yaa.


4. Siapkan dadar, oles dg campuran mayonaise. Beri potongan sosis dan telur rebus, lalu beri campuran mayonaise lg di atasnya. Lipat seperti amplop. Celupkan kedalam sisa adonan kulit, lalu gulingkan ke tepung roti yaa, bahan pencelupnya aku pakai adonan kulit, soalnya klo pakai kocokan telur klo sudah dingin sk bau amis, tp sesuai selera aja ya bu ibu.


5. Goreng risoles hingga keemasan, lalu angkat.. jadi deh risoles mayonaise nyaa.


Saran Penyajian

1. Nah, kalo udah mateng, bisa disajikan di atas piring saji.

2. Terus kasih saos sambal makannya.

3. Risoles siap dinikmati.

Nah, itu dia Bunda bahan sama langkahnya buat bikin resep risoles mayonnaise di rumah. Enggak susah kan? Bahan yang dipakai sekalipun banyak tapi gampang banget dicarinya. Jadi buat cemilan keluarga di rumah, Bunda enggak perlu repot-repot beli. Bikin risoles sendiri bakalan lebih mantap. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber