Berlangganan

Resep Risoles Isi Ragout Sayuran. Gurih, Enak Banget!



Risoles udah bukan makanan yang asing di jaman sekarang ini ya Bun. Banyak banget jenis makanan yang semakin berkembang. Mungkin beberapa para Bunda mengira kalo risoles ini makanan yang baru, tapi sebenarnya udah lama juga loh Bun.

Risoles nama dulunya roinsolles dan mulai dikenal waktu abad ke-13. Pada waktu itu, risoles cuma makanan penekuk yang digoreng di penggorengan dengan mentega atau pakai lemak sapi. Tapi karena semakin berkembang, mulai di dalamnya diisi sama daging cincang. Kalo pakai bahasa Perancis, makanan ini dibungkus sama pastry gelembung atau sejenisnya. Tapi karena makin berkembang, banyak banget jenis risoles sekarang, salah satunya resep risoles isi ragout sayuran yang juga enak.

Isi dari risoles emang banyak banget jenisnya Bun, mulai dari pake daging sapi, daging ayam, ikan, udang, terus sayur kentang, jamur, wortel, buncis, dan masih banyak bahan yang bisa dipakai. Emang enggak semua bahan bisa dipakai, tapi Bunda bisa pilih beberapa di antaranya yang disukai. Nah, buat anak yang punya masalah sama makan sayur, resep risoles isi ragout sayuran ini bisa jadi alternatif. Jadi anak tetep makan sayur tapi dalam kemasan yang berbeda, pasti lebih suka. Masak risoles isi ragout sayuran enggak bakalan bikin rugi kok Bun.

Nah, daripada Bunda beli mending coba buat bikin sendiri risoles isi ragout sayurannya. Gampang kok Bun, sekalipun bahan yang dipakai banyak tapi Bunda bisa pilih beberapa di antarnya. Pilih yang murah dan mudah ditemukan aja Bun, rasanya pasti tetap enak kok. Berikut ini ada bahan sama langkah resep risoles isi ragout sayuran yang bisa Bunda ikuti di rumah, tapi untuk bahan bisa sesuai selera ya Bun.

Bahan-bahan

Bahan kulit:

  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 3 sdm minyak goreng
  • 750 ml air
  • Secukupnya garam

Bahan isian:

  • 2 buah wortel, potong dadu
  • 2 buah kentang, potong dadu
  • 1 batang bawang prei, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • Secukupnya air
  • 1 sdm tepung terigu yg dilarutkan dgn 3 sdm air
  • Secukupnya garam, merica, kaldu bubuk (boleh skip)

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm munjung udang rebon
  • Secukupnya minyak goreng

Bahan pelapis:

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Secukupnya tepung panir

Langkah Membuat

1. Pertama-tama, buat isian. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan kentang dan wortel. Aduk2 hingga berubah warna. Tuang air. Masukkan bawang prei dan seledri. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk. Masak hingga kentang dan wortel lunak.

2. Jika kentang dan wortel belum lunak dan air habis, tambahkan air lagi. Masak terus hingga sayuran lunak. Sesudah lunak, masukkan larutan terigu. Aduk rata hingga menggumpal. Dinginkan.

3. Membuat kulit: campur semua bahan kulit kecuali minyak goreng. Aduk menggunakan whisk hingga rata. Saring agar tidak menggerindil. Tuang minyak goreng. Aduk rata.

4. Dadar 1 per 1 menggunakan wajan anti lengket (teflon).

5. Panaskan teflon, gunakan api sedang cenderung kecil. Angkat teflon, tuang adonan 1 sendok sayur. Putar2 agar bulat merata. Panaskan kembali di atas kompor. Kulit yg matang tandanya ketika sisi kulitnya sudah kering dan terkelupas sedikit. Balikkan kulit yg matang tsb ke atas talenan/piring plastik.

6. PENTING!: segera isi kulit yg matang tadi dgn isian risol. (Bagian yg halus di dalam ya moms). Lipat bentuk amplop dan rekatkan ujungnya dgn sedikit adonan kulit.

7. Lakukan terus hingga adonan habis. Adonan habis, dan voila! moms jg selesai melipat risol.


8. Celup gulungan risol ke dalam kocokan telur. Gulingkan secara merata ke tepung panir. Lakukan hingga selesai. Simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke freezer sekitar 3 - 4 jam biar tepungnya lengket. Goreng dgn api kecil. Sajikan hangat.


Saran Penyajian

1. Kalo udah pada jadi, bisa di tata di piring saji.

2. Sajikan pakai mayonnaise atau saos sambal.

3. Risoles sudah siap dinikmati.

Itu dia bahan sama langkah buat bikin resep risoles isi ragout sayuran di rumah. Cocok kok buat cemilan pas lagi kumpul sama keluarga. Jadi enggak usah beli, lebih irit dan lebih enak. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber