Berlangganan

Resep Rainbow Cake Kukus Cantik Buat Ulang Tahun



Beberapa tahun lalu, rainbow cake jadi salah satu nama kue yang sedang populer. Pasti Bunda juga tahu dong? Sebenarnya rainbow cake atau yang disebut kue pelangi ini udah sering kita temui dari dulu, cuma warnanya aja yang enggak secantik sekarang ini.

Kue pelangi adalah kue lapis dengan paduan warna pelangi, jadi kalo dilihat emang cantik dan rasanya yang enak bikin kue ini jadi populer. Tapi sejarah dari rainbow cake banyak yang bilang dari Amerika, soalnya ada acara televisi di Amerika yang sempat tertarik buat ngulas makanan ini. Nah, Bunda udah pernah nyoba bikin resep rainbow cake kukus belum?.

Karena warnanya yang cantik dan rasanya yang khas kue kukus, rainbow cake ini sering banget dijual di toko roti di Indonesia. Dan bahkan digunakan sebagai bahan dasar kue ulang tahun, dan terbukti banyak yang suka. Nah, Bunda juga bisa membuat rainbow cake untuk acara ulang tahun anak atau orang yang terkasih, atau untuk acara hajatan di rumah sebagai sajian. Rainbow cake termasuk kue basah yang dimasaknya dengan cara dikukus, jadi enggak bakalan susah buat bikinnya Bunda. Daripada harus membeli kue ulang tahun yang harganya mahal ada baiknya buat bikin resep rainbow cake kukus di rumah yang lebih murah dan bahannya juga enggak susah didapat.

Bikin rainbow cake kukus enggak susah kok Bunda, gampang banget. Nanti kalo kue bikinan Bunda rasanya enak, lumayan untuk terima pesanan di rumah. Jadi bisa nambah penghasilan Bunda sekalipun cuma di rumah. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep rainbow cake kukus di rumah.

Bahan-bahan

  • 4 butir telur
  • 150 gr gula pasir (asli 200)
  • 1 sdm SP / TBM
  • 150 gr terigu kunci / segitiga
  • 1 saccet dancow bubuk (blh skip)
  • 1 saccet skm (blh 2 ya)
  • 1 bungkus kara kecil (blh skip)
  • Sedikit essence vanila + garam + 6 pewarna
  • 150 cc minyak goreng

Langkah Membuat

1. Campur terigu + susu bubuk + baking powder ayak sisihkan.... panaskan kukusan pke api kcil sisihkan.

2. Mixer telur gula + vanila + garam hingga gula hancur... masukan sp mixer hingga mengembang berjejak... msukan campuran trigu.. bertahab dg speed 1 mixer bntr aja.. masukan jg SKM dan santan mixer bntr mtikn mixer.

3. Masukan minyak aduk balik (pelan"aja ya klw terlalu kuat nnti bantat)..bagi adonan di 6 mangkong masing" beri pewarna.

4. Ambil loyang alasi kertas roti oles minyak.. kukus 1 warna dahulu.. Skitar 6 -7 mnit.. Lalu dinginkan ganti, kertas baru kukus warna 1x lagi selama 6-7 menit jg lakukan berulang hingga habis semua warna (ini buat cake yg dilapis butter).. kukusan hrs udh dipanaskan dlu 15 mnit tutupx ksi serbet.

5. Dinginkan olesi perbagian dg whippee cream / butter cream..


6. Cantik.. lembutttt bgttt wangii susu gurih santan moist lembuuutttttt bgtttt jauara poll.


7. Bakal lezat nih


8. Rasax kyak cake mahal..


9. Narzizz yaaa eke gemess bgtt hbsx..


10. Cake ini bnr"lmbuttt bgt..sampe mo nangis ni terharu,lebay kan... gpp ya moms msh abegeh sah" sja kalo alay..


11. Jatuh cinta bgt.


12. Kempusss" moisttt manisx pass cuco bgt... aq pakai butter cream home made.. 200 gr mntega putih 75 gr gula halus 1-3 saccet skm n sdikit essence vanila... mixer mntega hingga mngembang masukan gula +susu+vanila mixer hingga ringan tekaturnya...


13. Nah skrng baru deh bner pisau q... kalo cake"yg sbelumx tak share itu pake pisau gergaji yg geriginya lancip"itu mana gedee lgi pkok dah mirip gergaji.. makane amburadul bngit cake" q.


14. Loyang saya begini hihihi kegedean uk 18x18.


Nah, gampang kan Bunda bikin resep rainbow cake kukus? Bahan sama langkahnya enggak terlalu ribet. Kalo porsinya kurang besar atau ingin ditambahkan, Bunda tinggal tambahkan takaran pada bahan yang dipakai. Bikin secantik dan seenak mungkin, biar keluarga juga makin suka sama kreasi dapur Bunda. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber