Berlangganan

Resep Pukis Empuk, Tanpa Mixer dan Emulsifier



Kue pukis ada yang mengatakan bahwa berasal dari daerah jawa tengah mungkin karena sering lihat penjual nya pakai gerobak dengan ditulisi daerah asalnya. Menjadi salah satu kue tradisional yang saat ini masih digemari karena enak banget, saya sendiri suka banget makan kue pukis empuk ini apalagi saat hangat-hangatnya wah banget deh.

Dengan aneka taburan untuk topingnya seperti meises, keju, nangka ataupun susu semuanya enak dan jadi favorit sebagaian besar penyuka pukis adalah toping meises. Memang kue pukis enak seperti martabak manis yang memiliki varian rasanya namun pembuatannya berbeda loh. Pembuatannya terbilang mudah untuk dicoba dirumah yang penting persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ketika ingin mencobanya.

Berbekal dari sebuah cetakan pukis yang di beli saat bunda frielingga Sit sedang perjalanan luar kota di daerah rajapolah Tasikmalaya. Menjadikan inspirasi membuat pukis dari resep yang di bagikannya. Enak...pukis tetep empuk dan menul-menul...dan simple banget resepnya, tidak memakai biang dalam adonannya.

Bunda bisa mengganti Santan dengan susu cair. Dan karena adonan tidak dimixer atau diblender, gula pasir saya ganti dengan gula tepung supaya memudahkan pengadukan. Modifikasi dan pemilihan bahan yang tepat menjadikan kue pukis yang luar biasa lezat . Yuk kita bikin bunda, pasti bisa lets cooking!

Bahan-bahan (18 pc mini) :

  • 1 btr telur
  • 70 gram gula tepung
  • 1/2 sdt vanili
  • 125 gram terigu
  • 1/2 sdt ragi instant
  • 200 ml susu cair/boleh diganti 200 ml santan
  • 50 gram margarin cair

Topping : Meises dan keju (optional)

Langkah - langkah :

1. Aduk bahan kering : terigu, ragi dan vanili sampai rata. Sisihkan

2. Aduk rata telur dan gula dengan balloon whisk sampai rata.

3. Lalu tambahkan campuran terigu dan masukkan bergantian dengan susu air. Aduk rata


4. Diamkan adonan selama 1 jam, tutup dengan serbet bersih.

5. Setelah adonan mulai berbusa dan mengembang, tanda ragi sudah bekerja, aduk adonan


6. Panaskan cetakan, olesi dengan minyak sayur. Tuang adonan ke 3/4 tinggi cetakan pukis. Tanda cetakan sudah panas, ada bunyi mendesisi saat adonan dimasukkan ke dalam cetakan. Di sini saya membut separo dari resep di atas


7. Saat adonan sudah kelihatan berpori - pori di atasnya, tutup cetakan. Jika ingin menambahkan toping keju atau meises, lakukan saat adonan 3/4 matang

8. Saat permukaan pukis sudah mengering dan bawahnya kecoklatan, angkat pukis


9. Sajikan hangat


Bukan hal yang sulit selama kita berani mencoba bunda. Bagaimana hasilnya mudah bukan, selamat berkreasi bunda semoga resep nya bermanfaat.

Sumber