Berlangganan

Resep Pretzel. Camilan asal Eropa yang Ngetop di Amerika



HAPPY COOKING Bunda, ada resep menarik nih, Proyek “uji nyali” dari bunda Frielingga Sit , yang katanya masih acak kadut ngebuatnya, tapi liat hasilnya saja sudah keren bagaimana rasanya ya pretzel nya.

Apa sih pretzel itu, Pretzel adalah sejenis kue yang berasal dari Eropa, Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Pretzel ada yang lunak dan ada pula yang keras. Pretzel umum ditemui di bagian selatan Jerman (Swabia, Baden, dan Bavaria), dan Swiss. Di tempat-tempat itu pretzel sering diiris secara horisontal, diberi mentega, dan dijual sebagai pretzel mentega. Di Bavaria mereka makan pretzel untuk sarapan, dengan saus sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis itu disebut dengan perec.

Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" ( "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi).

Pretzel biasanya dilapisi dengan kilapan dan digarami. Pretzel dapat ditemukan dalam beberapa variasi bentuk dan ukuran. Pretzel lunak tradisional kira-kira seukuran sebuah tangan. Kebanyakan pretzel keras adalah hanya tongkat setebal 2-3 mm. Pretzel keras yang setebal 0.8-1.5 cm disebut dengan nama pretzel Bavaria. Di beberapa bagian di Eropa seperti Austria, pretzel tradisional sering mengandung biji jintan bercampur dengan adonan.

Di Amerika Serikat, pretzel adalah kue yang populer, Pennsylvania adalah pusat dari sejarah dan produsen pretzel. Sebuah variasi di Amerika adalah pretzel yang dilapisi yoghurt (atau "wajah hantu"), dengan lapisan tipis yoghurt. Pretzel yang keras juga tersedia dengan permen manis yang berlapis coklat, stroberi, dan berbagai rasa lainnya. Beberapa lain dalam penyajian adalah dengan mencelupkan pretzel di dalam mustard. Sudah ah kepanjangan belajar sejarahnya, hayuk bunda lihat dengan cermat resep nya..

Bahan-bahan :

  • 200 gram terigu protein tinggi
  • 50 gram terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 150 ml air
  • 1/2 sdt garam

Bahan rendaman :

  • 500 ml air
  • 1 sdt soda kue

Bahan olesan :

  • 1 kuning telur + 2 sdm susu cair
  • 1 sdm margarin

Bahan taburan:

  • 2 sdm gula tepung
  • 1/2 sdm bubuk kayu manis

Langkah - langkah :

1. Campur bahan kering : duo terigu, ragi dan gula pasir. Lalu tambahkan garam dan air sedikit - sedikit. Uleni sampai kalis. Diamkan sampai adonan mengembang 2x lipat, kira - kira 45 menit


2. Setelah mengembang, kempiskan adonan. Lalu timbang adonan @25 gram. Giling memanjang. Pilin membentuk pretzel. Lakukan sampai adonan habis


3. Didihkan 500ml air. Tambahkan soda kue, aduk rata.

4. Celupkan pretzel dan bolak balik selama 30 detik. Angkat, tiriskan

5. Olesi pretzel dengan campuran kuning telur dan susu cair. Lalu oven pada loyang yang sudah dipanaskan 200C selama 15-20 menit

6. Setelah matang, panas - panas olesi dengan margarin lalu taburi dengan campuran gula dan bubuk kayu manis.


7. Sajikan


Siap untuk dinikmati berteman dengan secangkir teh hangat atau kopi, jangan lupa like dan share resepnya. Mari berbagi supaya lebih bermanfaat. Oh iya toping nya bisa di kreasikan sesuai selera ya bunda.

Sumber